Pemerintah Kota Medan mengaku terus fokus mengembangkan sektor pariwisata di derah ini, salah satunya pembenahan kawasan heritage (warisan) Kesawan.

"Kami mengharapkan dukungan dari TVRI untuk mempromosikan budaya dan pariwisata di Kota Medan, sehingga dikenal luas ke manca negara," ujar Wali Kota Medan, Bobby Nasution di Medan, Sabtu (9/10).

Pembenahan Kesawan merupakan salah satu langkah dalam mengembalikan kawasan kota tua, di antaranya Istana Maimun, Rumah Tjong A Fie dan Gedung Werenhuis seperti masa kejayaannya.

Baca juga: Wali kota berharap kerja sama Pemkot Medan-Jepang semakin baik

Selain itu, kata wali kota, Pemkot Medan juga memiliki program The Kitchen Of Asia dengan sajian kuliner berbagai suku dan budaya khas Kota Medan dilengkapi cerita sejarah kuliner itu.

"Kami miliki banyak ragam budaya, bangunan bersejarah dan juga kuliner yang menjadi kekayaan sesungguhnya di Kota Medan. Ini yang harus terus di informasikan," kata Bobby.

"Tujuannya agar budaya dan pariwisata semakin dikenal, dan bahkan menarik minat wisatawan atau investor berkunjung ke Kota Medan," ungkap Wali Kota Bobby.

Baca juga: Supir angkot di Medan wajib divaksin jelang PTM

Direktur Utama LPP TVRI, Iman Brotoseno memperkenalkan program barunya, yakni TVRI World yang merupakan jendela informasi ke dunia terkait aspek pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif.

Oleh sebab itu, menurutnya program tersebut sangat bagus dimanfaatkan oleh Pemkot Medan agar bisa tampil di pentas dunia.

"Kekayaan yang tadi disebutkan pak wali kota, seperti heritage dan kuliner bisa kita kemas dijual ke dunia. Ini peluang investasi yang bisa kita kerjasamakan dengan Pemkot Medan," terang dia.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021