Webiner Literasi Digital untuk kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Selasa, 31 Agustus 2021, Jam 13.00 WIB membahas tentang Aman Saat berbelanja Online.

materi dismapaikan oleh sejumlah nara sumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Kelebihan belanja online, antara lain praktis dan efisien, pilihan yang bervariasi, banyak promo atau diskon, dan cashback, serta sistem pembayaran lebih mudah.

Baca juga: Pentingnya menjaga keamanan privasi di dunia maya

 Kekurangan belanja online, meliputi bisa mengganggu manajemen keuangan, Barang yang diterima tidak sesuai ekspektasi, rawan penipuan, serta konsumtif. 

Main aman belanja online, dengan cara buat list kebutuhan, pastikan online shop terpercaya, baca dengan teliti tentang produk, waspadai barang yang murah, simpan bukti transaksi, pastikan keamanan perangkat, serta pilih pembayaran yang aman.

Pertumbuhan E-commerce di Indonesia dengat pesat apalagi selama pandemi sekarang ini belanja dengan menggunakan E-commerce sangat di gemari. 

Oleh karena itu membuka toko online di marketplace seperti diatas harus mempunyai kecakapan digital yang baik, karna menurut saya di masa sekarang ini kalau kita tidak membuka toko market place kita  akan sangat tertinggal oleh yang lain.

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM perlu memahami berbagai etika digital. Di era keterbukaan informasi, tanggungjawab UMKM tidak hanya sebatas menciptakan produk yang sesuai kebutuhan pasar, tetapi juga kejujuran demi menjaga reputasi.

Serta harus di barengi dengan pelayanan yang baik untuk para konsumen, contoh pelayanan adalah membalas chat yang sopan dan responsif. 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021