Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P. Pasaribu menyebut bahwa peran posyandu sangat penting untuk menunjang kualitas kesehatan masyarakat. 

"Saya sangat mengapresiasi tingginya dedikasi para kader posyandu, mengingat tugas mulia yang dijalankan mendukung visi Tapsel  yang maju berbasis SDM pembangun yang lebih sehat, lebih cerdas dan lebih sejahtera dan SDA yang produktif dan lestari," kata Bupati.

Bupati Dolly selaku pembina PKK Tapsel mengutarakan hal itu melalui virtual dengan tema "PKK Menyapa Posyandu" bersama seluruh kader posyandu se-Tapsel dari rumah dinas Bupati Tapsel di Sipirok, Selasa (21/9).

Memang, kualitas kesehatan tanggungjawab bersama. Karenanya, pemerintah secara serius terus berupaya melakukan berbagai pembenahan khususnya menekan angka kematian ibu dan bayi, termasuk mengurangi stunting. 

"Sebagai garda terdepan dalam menjaga kesehatan masyarakat, saya berharap seluruh kader dapat merubah pola pikir (kinerja) masyarakat ke arah yang lebih baik lagi untuk mendukung kemajuan program posyandu," tegasnya.

Sisi lain, Pemkab Tapsel, katanya, sangat mendorong naiknya golongan posyandu yang ada di daerah itu dari golongan pratama ke madya, yang golongan madya menjadi purnama dan golongan purnama menjadi posyandu mandiri. 

"Posyandu juga perlu di elaborasi dengan fasilitas umum lain bagi masyarakat seperti PAUD, Posyandu Manula maupun posyandu remaja," tambahnya. 

Yang jelas, Bupati menginginkan seluruh posyandu di Tapsel menjadi Primadona bagi masyarakat termasuk dalam melakukan sosialisasi kesehatan gizi, memberikan pelayanan prima, melindungi dan mengayomi.

Kegiatan zoom meeting tersebut juga dihadiri Ketua TP PKK Rosalina Dolly Pasaribu serta pengurus PKK Kabupaten lainnya serta tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021