Sebanyak 5 unit rumah dan 10 kios hangus dilalap api dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Jalan Dolok Martimbang, Kelurahan Pasar Siborongborong, Kecamatan Siborongborong, Tapanuli Utara, Rabu (22/9/), sekira pukul 12.00 WIB. 

"Dalam waktu dua jam, sebanyak lima unit rumah warga dan sepuluh kios milik Pemkab Taput habis dilalap," terang Kasubbag Humas Polres Taput, Aiptu Walpon Baringbing.

Dikatakan, api mulai terlihat menyala dan membakar rumah milik warga, serta sejumlah kios pada pukul 12.00 WIB hingga mampu dipadamkankan pada pukul 14.00 WIB.

"Total lima belas unit yang terbakar. Ada lima unit rumah warga semi permanen, serta sepuluh unit kios dari papan milik Pemkab Taput," jelasnya.

Baca juga: ICW sebut DAK Rp34 Miliar di Taput "buang anggaran", ini jawaban Kadisdik

Kata Walpon, pemilik unit rumah dalam peristiwa kebakaran tersebut yakni Arion Panjaitan (40), Liston Nababan (40), Pasal Sihombing (43), Dances Silaban (38), dan Mariki Hutagalung (35).

"Dari hasil keterangan saksi yang kita peroleh, api bersumber dari rumah Arion Panjaitan, dan dengan cepat merambat ke rumah yang lain," sebutnya.

Kondisi keberadaan rumah yang dalam posisi rapat, serta bangunan kios yang tepat berada di belakang rumah warga dinilai mempercepat rambatan api kebakaran.

"Tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini. Sementara, kerugian yang timbul ditaksir milliaran rupiah," ujarnya.

Saat ini, kata Walpon, tim Inafis Polres Taput sedang melakukan olah TKP di lapangan untuk mengetahui penyebab kebakaran dimaksud.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021