Pemkot Padangsidimpuan dalam RPJMD perubahan tahun 2019-2023 akan mendirikan kebun binatang di Desa Partihaman Saroha, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan. 

Didalam RPJMD perubahan 2019-2023 pemerintah akan mendirikan kebun binatang yang sekarang ini masih dalam kajian baik jumlah luas lahan dan lainnya, kata Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan Irpan Harahap, Senin (20/9). 

"Pada lembaran draf RPJMD perubahan tersebut Desa Partihaman Saroha masuk dalam destinasi wisata Pemkot Padangsidimpuan yang disampaikan ke DPRD Kota Padangsidimpuan," ucap Irpan. 

Baca juga: Wali Kota Padangsidimpuan lakukan peletakan baru pertama pembangunan Masjid Musafir

Lanjut Irpan, tidak hanya itu saja dinas terkait juga meminta dalam mewujudkan pembangunan kebun binatang ini diharapkan dapat melibatkan stakeholder terkait agar dapat terlaksana lebih optimal.

Sementara itu Kadis Pariwisata Pemkot Padangsidimpuan Ali Hotman Hasibuan ketika ditanya mengenai destinasi wisata kebun binatang di Desa Partihaman Saroha, enggan memberikan keterangan sudah sejauh mana program wisata kebun binatang yang akan berdiri di Kota Padangsidimpuan tersebut. 

Terpisah Hasanuddin Sipahutar pengamat pembangunan Kota Padangsidimpuan dari IAIN Padangsidimpuan menyampaikan bahwa apa yang sekarang ini dilakukan pemerintah adalah langkah strategis untuk pengembangan Kota Padangsidimpuan lebih maju. 

Dari kajian akademis seharusnya dinas terkait menyampaikan hal ini agar dukungan untuk pembangunan tersebut cepat dan nyata, mengingat kebun binatang itu merupakan bagian edukasi kepada masyarakat khususnya Kota Padangsidimpuan sendiri. 

Harapan dinas terkait adalah saran yang perlu dikaji luas dengan melibatkan semua pihak, baik itu KSDA, perhimpunan kebun binatang se Indonesia dan lainnya agar nanti pembangunan tersebut sukses dan berdampak positif, ucap Hasan. 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021