Director dan Quadrant Consulting, Ronny H Mastamu pada webiner Literasi Digital untuk Kabupaten Deli Serdang, Senin (23/8) menyampaikan materi dengan tema main Aman Saat Berbelanja Online.

Dalam pemaparannya, Ronny menjelaskan belanja online saat ini memberikan kemudahan bagi pembeli karena tidak perlu keluar rumah dan barang yang dibeli pun akan diantar langsung ke rumah. 
Namun, banyaknya kelebihan yang didapat dari belanja online, terdapat juga kekurangan yang perlu diwaspadai yaitu mengenai keamanan saat ingin melakukan belanja online. 

Tips aman belanja online agar tidak tertipu dan aman dari kejahatan online antara lain, teliti toko online saat akan berbelanja di situs toko online baik berbasis situs web, marketplace, atau media sosial seperti instagram dan whatsapp. 

Baca juga: Peran literasi digital untuk mengubah mindset konsumtif menjadi lebih produktif

Cari informasi penjual atau pemilik toko di halaman toko online tersebut, ketahui toko tersebut milik seorangan atau milik perusahaan. 

Baca kebijakan tentang pengembalian barang dan kebijakan situs, jangan sampai kebijakan tersebut dapat merugikan pembeli. 

Optimalkan keamanan PC atau perangkat, selalu lakukan update antivirus dan antispyware secara rutin. Cetak dan simpan bukti pembayaran, seseorang juga harus melihat kwitasi pembelian dan nomor konfirmasi. 

Gunakan password yang kuat untuk pertahanan terbaik. Serta, belanja di toko terkenal, tidak tergoda dengan harga murah yang ditawarkan toko.

Dilanjutkan oleh Dosen Desain Produk ITENAS Wirausahawan Kuliner Kopi Tarik Ulur, Agung Pramudya Wijaya yang mengangkat tema Apa Sih Pentingnya menjaga Identitas Pribadi di Internet.

Agung membahas dalam menggunakan internet dan bermedia digital, perlu menjaga keamanan privasi secara digital, yaitu perlindungan identitas digital. 

Untuk menjaga keamanan privasi secara digital, masyarakat harus menggunakan password yang kuat dan berbeda di setiap akun media sosial, hati-hati dalam menggunakan wifi publik, serta tidak mudah tergoda unutk membuat tautan atau link yang diterima. 

Jika terjadi kejahatan siber, segera laporkan ke customer service bank bila ada transaksi yang mencurigakan yang tidak diketahui di rekening bank atau lapor ke siber polri yang beralamat patrolisiber.id dengan menyiapkan barang bukti dan simpan sebagai back up.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021