Tim Basarnas berhasil menyelamatkan seorang nelayan asal Nias, Sumatera Utara,Tali Ohahau Bu'ulolo (65), yang sempat dinyatakan hilang, karena kapalnya terbalik dihempas ombak saat mencari ikan.

"Korban kita temukan selamat di sekitar Pulau Somambawa, Nias Selatan, pukul 10.00 WIB, dan kini korban sudah kita kembalikan kepada pihak keluarga," kata
 Kepala Sar Nias M.Agus Wibiso melalui Humas Basarnas Nias Asanimu Waruwu, Rabu di Nias, Rabu (8/9).

Ia mengatakan korban tidak bisa kembali ke daratan karena perahu yang ditumpanginya terbalik akibat dihantam ombak saat terjadi badai di perairan sekitar Pulau Somambawa, Nias Selatan.

Baca juga: HIMNI apresiasi perbaikan jalan desa oleh Pemkab Nias Utara

"Karena perahunya terbalik, korban duduk di atas perahu yang terbalik sambil menunggu pertolongan dari Basarnas tiba," ungkapnya.

Sebelumnya, kata dia, Tali Ohahau Bu'ulolo dilaporkan hilang oleh keluarga akibat kecelakaan di laut, sehingga Basarnas Nias terjun ke lokasi melakukan pencarian.

Pada Senin (6/9) sekitar pukul 17.00 WIB Tali Ohahau Bu'ulolo berangkat memancing ke perairan sekitar Pulau Somambawa menggunakan perahu dengan mesin motor merek Robin.

Pada malamnya cuaca buruk yang menyebabkan terjadinya badai dan angin kencang di lokasi korban bersama nelayan lain memancing, sehingga sejumlah nelayan lainnya kembali dan juga telah mengajak korban untuk kembali.

"Korban tak mau kembali atau mengikuti ajakan nelayan lainnya, sehingga besoknya, Selasa (7/9), keluarga melakukan pencarian karena korban tak kunjung kembali," kata Asanimu.

Oleh karena tak kunjung ditemukan, keluarga korban melalui kepala desa akhirnya meminta bantuan Basarnas Nias, Rabu. Basarnas Nias turun melakukan pencarian dan menemukan korban selamat.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021