Penurunan jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Medan diikuti dengan menurunnya tingkat keterisian tempat isolasi terpusat (isoter). 

Di Medan ada tiga isoter yang dibuat dan dikelola oleh Pemerintah Kota Medan, yakni eks Hotel Soechi, Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Medan Helvetia dan KM Bukit Raya di Pelabuhan Belawan.

"Sekarang masih kalau dibilang penuh gak penuh, rata-rata keterisian hari ini masih 20 sampai 30 persen untuk isoter," tutur Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Rabu (8/9).

Baca juga: Medan masih PPKM level IV, Bobby sebut angka pertumbuhan pasien COVID-19 menurun

Pemkot Medan, ujar dia, akan terus berupa menekan angka pertumbuhan pasien positif. Hal ini untuk mengurangi risiko kefatalan tinggi.

Kepada masyarakat yang terpapar COVID-19 dan karakteristik rumahnya tidak bisa untuk bisa menjadi lokasi isolasi mandiri disarankan datang dan menjalani perawatan di isoter.

Selain mudah dikontrol, penganan akan lebih baik. "Oleh karena itu kita anjurkan, kita minta setiap dari kecamatan kita minta dilihat masyarakatnya yang memungkinkan untuk masuk atau memungkinkan karakteristik rumahnya kondisi di keluarganya ada rentan, ini wajib dibawa ke isoter," jelasnya.

Baca juga: Pemkot Medan gencarkan 3T cegah penambahan kasus COVID-19

Menurut Bobby, dalam beberapa hari terakhir juga terjadi penurunan pasien terkonfirmasi COVID-19. Bahkan pertumbuhan kasus baru di bawah 100 per hari.

"Kita beberapa minggu ini sudah tren penurunan, bahkan per kemarin sudah di bawah 100, saya lihat dari penambahan kasusnya saya dapat angka di bawah 100," urainya.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Medan pada Senin 6 September 2021 total jumlah pasien konfirmasi positif mencapai 44.844, meninggal dunia 865, dan sembuh 36.493.

Untuk diketahui secara keseluruhan ada 958 kamar atau bed yang disediakan di tiga isoter untuk menampung warga Medan yang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan rincian eks Hotel Soechi dengan 240 kamar tidur, gedung P4TK 240 bed, dan KM Bukit Raya 478 bed.
 

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021