Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan, Sumatera Utara, akan menampilkan lima hasil kerajinan industri kecil menengah (IKM) di pameran daring Rumah Kriya Asri 2021.

"Jadi ada lima produk hasil kerajinan IKM yang akan kita pajangkan mulai 1-20 November mendatang di Jakarta," ucap Ketua Dekranasda Kota Medan, Kahiyang Ayu di Medan, Sabtu (4/9).

Kelima produk hasil kerajinan tersebut, lanjut dia, di antaranya berbentuk kain tenun merupakan binaan Dekranasda Kota Medan, sehingga akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Baca juga: Pemkot optimistis Medan keluar dari predikat kota terjorok

Pameran kali ini, terangnya, digagas Dekranas yang bertujuan sebagai wadah memperkenalkan kerajinan khas daerah-daerah lima destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia.

"Selain itu, juga mendorong untuk meningkatnya pemasaran agar dan menjangkau pasar lebih luas lagi guna membantu pelaku IKM di Medan," tutur Kahiyang.

Ketua Dekranasda Provinsi Sumut, Nawal Lubis, mengaku hasil kerajinan IKM binaan Dekranasda kabupaten/kota, khususnya kawasan Danau Toba yang akan ditampilkan dalam pameran daring ini.

"Ada dua stan, yakni Danau Toba menampilkan kerajinan tujuh kabupaten sekitar, dan Sumatera Utara berisikan kerajinan di luar Danau Toba, termasuk Medan," kata Nawal di rakor virtual persiapan pameran Rumah Kriya Asri di Medan, Kamis (2/9).

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021