Lulusan UISU diharapkan agar meningkatkan kemampuan dalam memenangkan kopetisi di era terbuka saat ini. Salah satunya adalah kemampuan untuk berkolaborasi dan berfikir kritis. 

Demikian disampaikan Kepala LLDikti (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah 1 Sumut, Prof. Ibnu Hajar, MSi dalam sambutannya secara daring yang disampaikan saat pelaksanakan wisuda UISU Periode II TA 2020/2021 yang dipusatkan di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan, Sabtu (28/8).

Menurut Prof. Ibnu Hajar, lulusan UISU harus fokus untuk menekuni bidang keahlian dan meningkatkan kemampuan baru. 

“Kemampuan komunikasi dengan perangkat digital, kemampuan berkolaborasi, berfikir kritis dan pemecahan masalah, sehingga saudara bisa memenangkan kompetisi di era terbuka saat ini dan akan datang,”ujarnya.

Baca juga: Civitas Akademika UISU antusias ikuti vaksin tahap II

Wisuda UISU Periode II ini melantik 822 sarjana dan pascasarjana dari 9 fakultas di lingkungan UISU dan dilaksanakan secara daring untuk kali pertama di UISU. 

Masih menurut Kepala LLDikti, bahwa pelaksanaan wisuda ini sebagai capaian prestasi UISU dalam upaya memberi kontribusi bagi bangsa dan negara. 

“Semoga pada masa datang UISU semakin memiliki prestasi dan punya daya saing,”ucapnya. 

Pihaknya juga mengucapkan selamat dan berharap seluruh lulusan UISU mampu beradaptasi dalam dunia kerja dalam meamnfaatkan infromasi berasis IT yang akan mampu mengisi kesempatan kerja.

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Dr.H. Yanhar Jamaluddin, MAP dalam sambutannya yang disampaikan secara langsung menegaskan bahwa UISU berhasil melahirkan lulusan-lulusan berkompenti, berkarakter, dan berjiwa Islami sebagaimana misi UISU  mengedepankan pendidikan unggul, berkompetensi, berakhlak mulia, serta bernilai Islami, melaksanakan pendidikan yang diikuti dengan nilai keislaman, serta mengharap ridho Allah Swt. 

“Sehingga pendidikan yang diberikan selalu melekat dalam ingatan dan akan menjadi tanggungjawab bagi para wisudawan,”ujarnya.

Dikatakannya bahwa gelar akademik adalah bukti pengakuan universitas terhadap kompetensi yang diperoleh. “Ketercapaian yang diraih tentunya merupakan hasil ketekunan, kesabaran, dan keikhlasan yang dilakukan, serta adanya dukungan moral dan doa keluarga dan sahabat,”ucap Rektor.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. Ismet Danial Nasution, drg. P.hD, Pros (K) FICD dalam sambutannya secara daring menyatakan apa yang dicapai UISU hari ini merupakan eksistensi dan komitmen UISU untuk mencerdaskan  kehidupan bangsa yang diperoleh berkat hasil kerjasama sangat baik dan solidaritas tinggi segenap keluarga besar UISU. 

“Dukungan, kerjasama dan kepercayaan dari berbagai pihak termasuk instansi pemerintah pusat dan daerah, kalangan swasta dan masyarakat menyempurnaan pencapaian Wijha/visi melalui berbagai bentuk implementasi catur dharma khittah/missi UISU khusus bidang pendidikan dan pengajaran menghasilkan lulusan Islami, handal, teruji dan bermartabat mulia, dicintai masyarakat dan diridhoi Allah Swt,”ujarnya.

Kegiatan wisuda yang digelar secara daring pertama kali berlangsung sukses dan lancar. Masing-masing wisudawan didampingi orangtua secara khidmat mengikuti acara pelantikan wisuadawan dan wisudawati melalui aplikasi zoom dan dapat ditonton secara live melalui akun youtube humas UISU.

Dari 822 lulusan terdapat 13 wisudawan memperoleh predikat  terbaik dengan Indek Prestasi di atas 3 seperti Rosari Damayanti Hasibuan 3, 87 (Fak. Hukum), Siti Annisa, 3,83 (Pendidikan Agama Islam), Putri Ananda Siregar 3,93 (Akuntansi), Rindiani Azzahra 3,98 (Sastra Inggris). 

Rima Hazizah  3,78 (Pendidikan Kimia), Romansyah Putra Bintang 3,30 (Ilmu Administrasi Negara), AR. Rizki Mulia 3,88 (Teknologi Hasil Pertanian), Khairuman Fitrah Ananda Mamasta 3,74 (Sarjana Kedokteran), Andi Indah Chairunnisa 3,96 (Profesi Dokter). 

Ryan Syahputra Batubara 3,75 (Teknik Industri), Dede Atika Purba 4.00 (Magister Sastra Inggris), Muhammad Robiq Muhazir 3,94 (Magister manajemen), Rahmah 3,96 (Magister Hukum).
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021