Plh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Erwedi, menyebut tidak ada warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Medan yang terpapar COVID-19.

"Seluruh WBP saat ini dalam keadaan sehat dan tidak ada yang terinfeksi COVID-19," ujar Erwedi usai pelaksanaan vaksinasi 1.000 WBP di Lapas Klas I Medan, Senin (23/8).

Ia menyebutkan, meski tidak ada WBP yang terpapar, namun pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) tetap secara ketat dilaksanakan.

Baca juga: 34.800 warga binaan di Sumut akan divaksinasi

"Kita berlakukan prokes yang ketat terhadap WBP di Lapas Medan," ujarnya.

Erwedi menyebutkan, jumlah warga binaan di Lapas Medan mencapai 3.141 orang, dimana seharusnya hanya menampung 1.500 warga binaan.

Sebanyak 34.800 WBP di lapas dan rutan se-Sumatera Utara diharapkan dapat divaksinasi sehingga imunitas tubuh mereka semakin kuat dan tidak mudah terpapar COVID-19.

Kakanwil Kemenkum dan HAM Sumatera Utara Imam Suyudi di Medan, Minggu (22/8), mengatakan vaksinasi tersebut merupakan bagian pemenuhan WBP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

Ia menyebutkan secara bertahap WBP di Sumut yang berjumlah 34.800 orang dapat divaksinasi seluruhnya karena mereka juga warga Sumut.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021