Praktisi IT dan Pengajar MZ IT Team Unsa Surakarta dan Anggota RTIK Solo Raya, Muhtadi Zubeir memaparkan Pentingnya memiliki digital skill di masa pandemi COVID-19.

Hal itu ia sampaikan pada webiner Literasi Digital untuk Dairi, Kamis, 22 Juli 2021.

Muhtadi menjelaskan digital skill merupakan kemampuan dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan piranti teknologi informasi dan komunikasi serta sistem operasi digital. 

Tren media sosial meliputi, youtube, facebook, twitter, instagram, tiktok, whatsapp, dan sebagainya. 

Baca juga: Kemampuan literasi digital yang wajib dimiliki guru generasi Alpha

Fungsi media sosial antara lain, sebagai alat komunikasi, alat penyimpanan, alat dagang, alat berjejaring, alat pemasaran, alat berbagi pengalaman, dan alat pembelajaran. 

Manfaat media sosial dalam bisnis ialah pelanggan dimudahkan, promo berlimpah, dan saling bantu sesama.

Bangun jejak digital dari sekarang dengan cara narasikan diri dan berbagi aktivitas serta membuat konten sesuai dengan kemampuan dan pengkikut di media sosial. 

Rumus bertahan hidup di masa pandemi meliputi, berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, kreatif dan inovatif, komunikasi, berbagi, dan kolaborasi.


Dilanjutkan dengan sesi Keamanan Digital oleh Sabam Parjuangan (Dosen Program Studi Sistem Komputer Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Asesor BANSM Provinsi Lampung). 

Sabam menjelaskan data pribadi yang harus dijaga kerahasiaannya dan tidak dipublikasikan di media sosial mencakup, nomer id ktp, password, PIN, dan kode OTP. 

Tips saat berselancar menggunakan akun antara lain, membuat password yang kuat, berhati-hati melakukan unduhan, hidupkan mode privasi, pikirkan sebelum mengunggah, dan gunakan antivirus. 
Trik mengamankan seluruh akun pribadi dan datanya dengan menggunakan atau mengaktifkan dua faktor autentikasi atau 2FA. 

Trik mengamankan akun media sosial meliputi, gunakan email yang memiliki 2FA, selalu log out dari perangkat ketika sudah selesai menggunakan.

Tidak membagi password kepada siapapun, tidak mudah menyetujui pertemanan tanpa mengenalnya dengan baik, hati-hati dengan permintaan teruskan pesan yang masuk ke inbox, serta hati-hati menerima telpon yang baru pertama kali melakukan panggilan.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021