Karang Taruna merupakan organisasi sosial yang bekerjasama dengan pemerintah, berbeda dengan organisasi lain. Jadi lembaga itu harus dapat bergandengan tangan dengan jajaran pemerintah sesuai kedudukannya.

Wabup Labura H Samsul Tanjung ST MH menyulangi Ketua KT Labura Yuda Iskandar Aruan SP MSi pada acara yang dilaksanakan di aula Ahmad Dewi Syukur Aekkanopan, Jumat sore. (ANTARA/Sukardi)

Demikian diungkapkan Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM pada kegiatan Pembinaan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial yang dilaksanakan KT Labura bersama Dinas Sosial di Aula Ahmad Dewi Syukur, Jumat (30/7) sore.

Selaku Bupati, pria yang kerap disapa HYS itu menyatakan akan mendukung program KT. "Beri tahu kami jika ada kepala desa yang tidak mendukung Karang Taruna," kata pria yang juga Bendahara KT Sumut tersebut.

Lebih lanjut, HYS menuturkan, di masa pandemi COVID-19 saat ini membuat anggaran kerap melakukan refocussing. Dampaknya, kegiatan yang dijadwalkan pun turut terpengaruh, termasuk juga kepada KT.

Pada masa lalu, kenangnya, banyak bedah rumah yang dilaksanakan KT. Namun belakangan, kegiatan itu tidak dilakukan. Kalau pun ada biasanya dilaksanakan oleh kelompok yang terkadang KT tixak terlihat di dalamnya. 

Kendati demikian, bupati berharap, KT tetap dapat memberikan kontribusi dalam mendukung program pemerintah, termasuk bagaimana turut berperan dalam mensejahterakan masyarakat di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok.

Sebelumnya Plt Kadis Sosial Jhon Fery SSTP melaporkan, tujuan kegiatan tersebut dalam rangka melaksanakan program pemerataan pembinaan generasi muda guna meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab sosial.

Sedangkan Ketua KT Labura Yuda Iskandar Aruan SP MSi menerangkan, banyak program yang telah direncanakan, tapi tidak dapat diwujudkan. Walau begitu, pihaknya masih berupaya melakukan pelatihan dan lainnya 

Diantaranya akan melakukan seleksi duta KT untuk kegiatan sosial seperti sosialisasi antinarkoba. Sedangkan pelatihan yang direncanakan dalam waktu dekat adalah pembuatan kopi. "Dari mana dananya? Jangan ditanya. Kita akan cari," tutur pria berjenggot itu.

Kegiatan yang dihadiri Wabup H Samsul Tanjung ST MH, mantan Ketua KT yang juga Staf Ahli Bupati Marwansyah SH, Kadis PPKB HM Suib  dan Sekretaris KT Labura Rudi Syahputra Daely tersebut juga menampilkan narasumber Ketua KT Sumut Dedi Darmawan Milaya.

Sebelum pemaparan materi, ada acara dadakan pemotongan tumpeng dalam rangka HUT ke-13 Labura. Pada kesempatan itu bupati menyuap nasi ke Ketua KT Sumut disaksikan Wabup, kadis yang hadir serta undangan lainnya.

 

Pewarta: Sukardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021