Konselor Parenting dan Pegiat Literasi Pendidikan, U. Laila Sa'adah menyampaikan yang harus harus diperhatikan saat belanja online di luar market place.

Yakni perhatikan website resmi dan dikelola secara professional, riset melalui mesin pencari mengenai reputasi toko dan ulasan, menyimpan jejak transaksi, tidak menyimpan informasi kartu kredit di toko online, hanya meminta data yang diperlukan, membuat password yang berbeda, serta meminta resi pengiriman. 

Itu ia sampaikan pada webiner Literasi Digital di Tapanuli Selatan, Rabu (21/7).Dalam pemaparanya, Laila menjelaskan alasan seseorang berbelanja secara online antara lain, waktu yang lebih efisien, harga yang semakin bersaing dan kualitas yang beragam.

Informasi dan ketersediaan barang lebih beragam, lebih santai dan tidak terburu-buru, serta ada rekam jejak pembelian. 

Mengenal jual beli di ranah online meliputi, tawar menawar, komunikasi antar penjual dan pembeli, pembayaran, dan sanksi online. Jenis sistem transaksi belanja online diantaranya, cash on delivery atau bayar di tempat dengan memperhatikan metode yang ditawarkan.

Baca juga: Kemampuan literasi digital yang wajib dimiliki guru generasi Alpha

Syarat dan kebijakan dalam COD, transfer antar bank, digital wallet seperti ovo dan DANA, kartu kredit, dan pembayaran melalui minimarket.

Macam-macam media online belanja meliputi, media sosial, website dan blog, serta market place. Tips aman belanja online melalui market place antara lain, waspadai harga yang terlalu murah, gunakan rekening bersama, toko memiliki rating bagus.

Sda kalanya rawan kebocoran dan pemanfaatan data pelanggan, serta hati-hati dengan social engineering, pengakuan dari karyawan situs belanja online untuk meminta kode tertentu. 

Webinar diakhiri oleh Natasya Esterita (Ketua OKK Sobat Cyber Indonesia dan Influencer dengan Followers 12,6 Ribu). 

Natasya menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber berupa, hal yang harus diperhatikan saat belanja online di luar market place meliputi, website resmi dan dikelola secara professional.

Riset melalui mesin pencari mengenai reputasi toko dan ulasan, menyimpan jejak transaksi, tidak menyimpan informasi kartu kredit di toko online, dan hanya meminta data yang diperlukan. 

Tips penggunaan password yang aman meliputi, panjang password minimal delapan karakter, tidak mencantumkan informasi pribadi, dan tidak menggunakan kombinasi karakter yang mudah ditebak.

Cara bijak menggunakan media sosial antara lain, berpikir sebelum mengunggah, tidak sedang emosi saat menggunakan media sosial, menjaga etika dengan tidak menyinggung seseorang dan menyinggung SARA, mengenali teman berinteraksi.

Serta memanfaatkan media sosial untuk menjali silaturahmi. Serta, prinsip dasar literasi digital meliputi, masyarakat memiliki kemampuan untuk memahami informasi yang diberikan media, baik secara implisit maupun eksplisit.

Masyarakat memiliki kemampuan memahami serta menyimpan informasi untuk dibaca di lain hari, dan media saling berbagi pesan atau informasi kepada masyarakat. 


 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021