Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu meminta agar warga masyarakat khususnya Desa Siuhom, Kecamatan Angkola Barat dapat merawat berbagai infrastruktur yang telah dibangun TNI (Tentara Nasional Indonesia) melalui program TMMD ke 111 Tahun 2021.

"Kiranya ruas jalan yang baru di buka, jembatan, rumah-rumah ibadah yang telah diperbaiki oleh prajurit TNI baru-baru ini dapat di rawat dan dipeliharan dengan baik oleh warga," harapnya dalam keterangannya diterima, Kamis (22/7).

Harapan itu diutarakan Bupati disela acara Safari Kurban Pemkab Tapsel dengan membagikan 100 paket daging kurban kepada yang berhak menerimanya di Desa Siuhom yang memiliki dua dua dusun yakni Dusun Adian Nauli dan Dusun Paten atau 74 KK. 

Baca juga: Bupati Tapsel salurkan 100 paket daging kurban ke Desa Siuhom

Dulunya ruas jalan yang baru dibuka lewat program TMMD ke 111 itu masuk dalam kawasan hutan. Justeru pemerintah berhati-hati untuk membangunnya dan harus mengikuti norma-norma yang ada. 

"Namun akhirnya ruas jalan itu bisa terbuka. Tentu upaya itu tidak lepas peran Komandan Kodim 0212/TS Letkol Rooy Chandra Sihombing selaku Dansatgas TMMD ke 111 yang mendapat dukungan penuh Pemkab Tapsel bermohon ke Kementerian LHK dibantu KPH terkait," jelasnya.

Bersyukurlah masyarakat kepada pemerintah dan TNI, sekarang berkat APBD Tapsel akses jalan Desa Siuhom itu sudah terbuka. Dulu hanya di sentuh rabat-rabat beton itu pun spot-spot dengan kemampaun Dana Desa.

"Jadi keliru rasanya bilamana ada yang menyebut selama ini tidak ada perhatian pemerintah membangun jalan Desa Siuhom. Aturan membangun kan ada, apalagi kawasan kan tidak suka-suka," ujarnya memperjelas kembali. 

Bupati dalam kesempatan itu juga berpesan agar masyarakat Siuhom dapat menjaga hutan yang ada demi anak cucu, bukan malah sebaliknya akses jalan terbuka malah hutan dihabisi. 

"Jangan terjadi perusakan hutan kalau tidak ingin berurusan aparat penegak hukum, dan bahayanya ekosistem hutan rusak khawatir kedepan dapat menjadi ancaman bencana," sebutnya.

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021