Pemkab Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mendorong Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) untuk meningkatkan promosi berbagai produk UMKM sehingga pemasarannya dapat lebih luas dan meningkat.

"Promosi atau pemasaran produk-produk kerajinan lokal sangat penting bagi pelaku UMKM," kata Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, di Seirampah, Rabu, saat menghadiri Rapat Kerja Dekranasda Serdang Bedagai, di Perbaungan, Rabu (14/7).

Untuk aspek produktivitas, Serdang Bedagai dikategorikan sangat baik. Ini dibuktikan dari banyaknya kelompok mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa yang aktif memproduksi berbagai kerajinan lokal.

Baca juga: Kodim 0204/DS rampungkan program TMMD ke-111 di Deliserdang

"Namun produktivitas tersebut jadi tidak ada artinya kalau tidak diikuti dengan promosi dan pemasaran. Maka dari itu, para pengurus Dekranasda harus memperhatikan ini. Misalnya dengan mengajak OPD dan ASN bangga serta aktif menggunakan produk lokal," katanya.

Hal tersebut, juga secara langsung bisa menjadi sarana promosi yang nantinya bisa dilihat dan diikuti oleh masyarakat luas.

"Selain jadi konsumen produk kerajinan lokal, OPD, Kecamatan dan Desa juga secara langsung ikut mempromosikan kerajinan tersebut ke publik," katanya.

Kepada para pengrajin lokal juga diharapkan menjaga kemauan yang tinggi serta tidak lelah menciptakan berbagai inovasi.

"Fungsi UMKM ini banyak sekali. Selain sektor ekonomi, ini juga mendukung pelestarian budaya lokal serta memberdayakan SDM lewat tersedianya lapangan kerja," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021