Praktisi IT Muhtdy Zubeir mengatakan sangat penting artinya orang tua memberikan pendidikan keamanan internet untuk anak-anak.

Hal itu ia sampaikan pada webiner Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Kominfo, Selasa,  6 Juli 2021.

Muhtady menjabarkan alasan orang tua harus mendampingi anak menggunakan internet, dengan tujuan menghindari pornografi, pelecehan online, phishing, ekspresi berlebihan, dan cyber bullying. 

Orang tua harus cerdas dan bijaksana dengan memberikan teladan, membekali ilmu agama,budaya, sopan santun, dan budi pekerti, juga utamakan konfirmasi-klarifikasi dan mendengarkan apa yang telah terjadi. 

Kesimpulannya ialah, ajarkan anak-anak dengan keamanan berinternet, tetap aman dari predator dalam jaringan, cyber bullying dan cyber harassment, menggunakan jejaring sosial dengan aman, dan memahami jaringan file-sharing. 

BudayawanMandailing, Drs Askolani pada sesi Digital Culture mengangkat tema “Literasi Digital bagi tenaga pendidik dan Anak Didik di Era Digital".

Askolani membahas implementasi literasi digital untuk sekolah seperti, pengutan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan untuk memahami fenomena literasi digital dan peningkatan jumlah juga ragam belajar dalam memilih sumberi nformasi digital.

Pengutan improvisasi siswa misalnya, digital storytelling, memanfaatkan kamera, audio, dan edit video seperti, klip video untuk mendongeng.

Dilanjut dengan sesi Digital Ethics, oleh Booby Nopandry (Founder Kayabhumi Institute).Bobby memaparkan tema “Berekspresi di Media Sosial".

Bobby menjelaskan konten pribadi yang mencerminkan gambar diri, aktualisasi diri, ekspresi
diri, kekayaan diri, dan hak. 

Batasan dalam hak mencangkup hak atau kebebasan orang lain, moral nilai, norma, dan adat budaya, juga keamanan dan ketertiban hukum. Internet dalam masyarakat 5.0, mendukung kenyamanan, menjadi sumber kekuatan bukan kesulitan, dan hidup berkualitas. Timbangkan sebelum posting konten dengan melihat kebenaran, membantu, menginspirasi,dan bermanfaat.

Webinar diakhiri oleh Chika Audika (Co Founderdan CMO of Bicara Project & Influencer dengan Followers 12,6 ribu). Chika membahas tema yang sudah diangkat pada para nara sumber mengenai ketahanan pangan pertanian, perternakan, dan perikanan. 

Lalu, tiga cara sukses digital marketing seperti, eksis, laris, dan narsis. Bebas terbatas
berekspresi di media sosial dan literasi digital untuk sekolah.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021