Tokopedia mencatat semakin banyak jumlah UMKM di. Kota Medan yang berjualan berjualan di kanal digital dengan dagangan yang semakin bervariasi dan eksklusif atau khas lokal seperti "minyak karo" dan sayur dan buah lokal .

"Jumlah UMKM yang berjualan di Tokopedia diyakini semakin banyak karena Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution sudah menegaskan akan mendukung UMKM untuk berkembang," ujar Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni di Medan, Kamis (1/7). 

Dia menyebutkan, salah satu dagangan UMKM asal Kota Medan di Tokopedia yang menarik konsumen adalah Minyak Karo Laucih dan Orifresh.id   yang menjual buah dan sayur segar.

Baca juga: Bulog Sumut masih tunggu pasokan tepung terigu dari pusat

Minyak Karo itu merupakan racikan leluhur asal Karo yang memiliki banyak khasiat.

Trudly Karo Karo, produsen minyak Karo Laucih itu menyebutkan, berawal dari upaya melestarikan warisan leluhur secara turun temurun sejak 1999, Minyak Karo Laucih merupakan usaha empat generasi yang dilanjutkan dirinya bersama Nuansa Putra Kaban.

Usaha itu telah memiliki sertifikasi halal dari LPPOM MUI serta sertifikasi UMOT.

“Terbuat dari bahan alami khas Indonesia - seperti rempah, akar dan tumbuhan lainnya jahe merah, induk kunyit, temulawak, gagatem arimo, jerango, daun cengkeh dan lain-lain - produk Minyak Karo Laucih dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit termasuk keseleo, rematik, sakit pinggang dan masih banyak lainnya,” ujar Trudly.

Trudly mengaku kehadiran platform Tokopedia sangat membantu usahanya dalam beradaptasi di tengah pandemi, bahkan produk warisan leluhurnya bisa menjangkau hingga Papua.

“Dari modal awal hanya Rp500ribu, kini kami bisa meraih omset lebih dari Rp10 juta setiap bulannya lewat Tokopedia, "ujar Nuansa Putra Kaban.

Usaha yang maju itu membuat mereka semakin dapat turut memberdayakan berbagai petani lokal Kabupaten Karo.

Sementara Doni Goldmer , pendiri Orifresh,id menyebutkan, sejak berdagang di Tokopedia pada Januari 2021, penjualan meningkat lebih dari 60 kali lipat dan omset per bulan bisa mencapai Rp15 juta .

Pandemi COVID-19 juga semakin mendorong penjualan barang dagangannya dii Tokopedia.

Doni juga bersyukur dengan usahanya yang semakin berkembang, Orifresh turut membantu masyarakat sekitar, khususnya petani lokal Medan untuk semakin maju

“Saat ini, sudah ada puluhan petani lokal yang kami gandeng dari daerah Berastagi dan Kabanjahe, "ujar Doni.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021