Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution menghadiri panen perdana tanaman bawang merah di Kecamatan Batunadua, Gang Jasa Raharja, Sabtu (26/6). 

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan merasa bangga akan capaian yang diperoleh koptan gemilang tersebut. Dilahan yang bermuatan 60 Kaleng Padi atau setara dengan 60 kilogram tersebut kini menghasilkan sedikitnya 1 Ton bawang merah.

“Tentu ini capaian yang baik, dengan bobot yang dipanen kali ini 6 kali lipat keuntungan yang diperoleh petani dibanding dengan komoditas padi,” katanya.

Baca juga: PPKM di Padangsidimpuan kembali diperpanjangan selama 14 hari

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis bahwa di Tahun 2020 Kota Padangsidimpuan sudah memenuhi 32% konsumsi Bawang untuk kebutuhan Kota Padangsidimpuan, hal tersebut merupakan suatu yang harus kita tingkatkan dalam 3 tahun ini, ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Pemkot Padangsidimpuan Parimpunan Siregar menyampaikan bahwa sekarang ini masyarakat bersama kelompok tani melakukan ahli fungsi dari pahan tanam padi ke tanaman bawang dan bersyukur hasilnya ada juga dibandingkan tanaman padi. 

Semoga semakin menjadi contoh kepada kelompok pertanian yang lainnya jika tanaman bawang merah ini membawa manfaat dalam roda perekonomian masyarakat, ucapnya. 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021