Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara meminta Yayasan Kanker Indonesia (YKI) berperan dalam memberikan edukasi masyarakat terkait dengan penyakit kanker, terutama agar warga bisa melakukan pencegahan dari serangan penyakit itu.

"Tentunya peran YKI sangat penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama dalam hal pencegahan kanker," kata Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Umar Yusri Tambunan di Seirampah, Jumat (25/6)

Hal itu ia sampaikan pada acara pengukuhan pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) masa bakti 2021-2025 yang dilakukan secara virtual dari Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Serdang Bedagai.

Baca juga: Kodim-PKK Dairi tinjau penyelenggaraan program KB

Ia mengatakan penyakit kanker mayoritas disebabkan oleh pola hidup seseorang. Penyakit seperti ini tergantung dari perilaku hidup sehat seseorang.

"Untuk itu kita harus menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.
Karena itu, saya menyambut baik pengukuhan ini dengan tujuan agar para pengurus menjalankan tugasnya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan semua pihak harus berperan aktif untuk membantu masyarakat mengetahui tentang penyakit kanker melalui tiga langkah, yaitu melakukan promosi dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penyakit kanker.

Selain itu, langkah preventif untuk mencegah supaya dapat terhindar dari penyakit kanker dan langkah suportif dengan memberi dukungan untuk sembuh jika salah seorang masyarakat ada yang terkena penyakit tersebut.

Ketua YKI Serdang Bedagai Rosmaida Saragih Darma Wijaya mengatakan semua pengurus harus benar-benar menjalankan program yang nantinya dirumuskan.

"Saya berharap kegiatan ini benar-benar dijalankan sehingga kasus tentang masyarakat Sergai (Serdang Bedagai) yang terkena kanker tidak terjadi lagi. Semoga hadirnya organisasi ini dapat membantu warga agar dapat menyosialisasikan pencegahan dan mengobati jika sudah terkena kanker," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021