Sebanyak 80 orang penyandang disabilitas di Kelurahan Huta Tonga-tonga, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, Sumatera Utara, mendapatkan pelayanan vaksinasi dari tim kesehatan, Senin (21/6).

Menurut Lurah Huta Tonga-tonga, Tigor Panuturi Tambunan, dari data jumlah penyandang disabilitas yang mencapai 190 orang, baru 80 orang yang mengikuti vaksinasi dan sisanya menyusul.

"Kegiatan vaksin bagi penyandang disabilitas di Kota Sibolga pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Sibolga Utara ini. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan di Kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Sibolga,” ujarnya.

Diungkapkannya, pelayanan vaksinasi kepada para disabilitas ini dipelopori Pemerintah Kelurahan Huta Tonga-tonga dengan Rehabilitasi Bersumber Masyarakat (RBM) Hephata HKBP Distrik IX Sibolga-Tapanuli Tengah-Nias, bersama Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Sibolga.

Masih menurut Tigor, berdasarkan dari hasil survei tim medis, penyandang disabilitas salah satu yang rentan terserang COVID-19, dan Kelurahan Huta Tonga- tonga yang merupakan Kelurahan inklusi ramah disabilitas berupaya agar semua penyandang disabilitas mendapatkan vaksin yang dilaksanakan pemerintah.

“Untuk itulah kami berterima kasih atas koordinasi dan kerja sama ini, sehingga pelaksanaan vaksinasi bagi kaum disabilitas bisa terlaksana dengan baik hari ini,” ungkapnya.

Tak lupa, orang nomor satu di Kelurahan Huta Tonga-tonga ini mengajak seluruh masyarakat Kelurahan Huta Tonga-tonga dan masyarakat Kota Sibolga untuk bersama-bersama menyukseskan vaksinasi COVID-19 yang diprogramkan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dan kepada masyarakat yang sudah divaksin, dia juga mengimbau agar tetap mematuhi prokes COVID-19.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021