Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sumatera Utara menggelar seleksi bagi atlet yang akan dipersiapkan masuk pelatda jangka panjang PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

Ketua FPTI Sumatera Utara Yezri Amri Rinjani mengatakan seleksi yang dilaksanakan di halaman Stadion Mini Dispora Sumut Jalan Willem Iskandar Medan itu digelar selama dua hari, yakni Senin dan Selasa (21-22 Juni) dan diikuti 33 atlet.

KONI Sumut, lanjut dia, memberikan kesempatan kepada FPTI Sumut menggelar seleksi untuk menjaring delapan atlet yang terdiri dari empat atlet putra dan empat atlet putri yang akan diikutsertakan dalam kontingen Sumut pada perhelatan PON Tahun 2024 di Aceh-Sumut.

Baca juga: Jhonny Runggu Silalahi terpilih sebagai Ketua POSSI Kota Medan

Seleksi tersebut diikuti sebanyak 33 atlet yang terdiri dari 14 atlet putra dan 19 atlet putri dari enam pengurus cabang maupun kota FPTI, yakni Medan, Binjai, Sergai, Langkat, Asahan dan Karo.

"Seleksi ini sebagai persiapan atlet sebelum berlaga di PON 2024 mendatang. Semoga geliat FPTI hari ini bisa menghasilkan atlet-atlet berprestasi sebab tidak ada prestasi tanpa persiapan matang," kata Yezri di Medan, Senin.

Lebih lanjut, Yezri menjelaskan seleksi itu bertujuan untuk mewadahi atlet-atlet yang selama ini dibina oleh klub yang ada di pengurus cabang maupun kota yang tersebar di seluruh wilayah Sumut. Untuk itu, atlet perlu diberikan kesempatan bersaing secara sehat untuk menunjukan prestasi mereka masing-masing.

"Sumut dan Aceh akan menjadi tuan rumah pada PON XXI/2024, dan pertandingan panjat tebing akan di gelar di Aceh. FPTI Sumut terus melakukan pembinaan semaksimal mungkin sehingga atlet dapat mendulang medali untuk memberikan kontribusi medali bagi kontingen Sumut, " ujar Yezri.

Wakil Sekretaris KONI Sumut Mesnan, saat membuka seleksi tersebut, memgatakan prestasi puncak bagi seorang atlet dalam dunia olahraga tidak bisa didapat secara instan, tetapi harus melalui jalan panjang dan bertahap.

"Tahapan tersebut mulai dari pembibitan, proses pembinaan dan proses evaluasi sampai dengan prestasi yang diraih oleh atlet tersebut," tutur Mesnan di hadapan atlet-atlet panjat tebing yang mengikuti seleksi Pelatda jangka panjang PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

Ia menuturkan peningkatan prestasi olahraga merupakan proses panjang yang melibatkan semua pihak. Untuk itu, atlet yang mengikuti seleksi tersebut harus mampu menunjukkan kualitas sehingga dapat bergabung di Pelatda jangka panjang nantinya.

"PON XXI/2024, Sumut sebagai salah satu daerah yang menjadi tuan rumah. Hal ini tentunya menjadi peluang emas bagi atlet panjat tebing untuk menjadi bagian dari tim kontingen Sumut untuk menunjukkan prestasi di arena bergengsi tersebut," ungkap Mesnan.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sumut Josua Sinurat berharap agar seleksi atlet panjat tebing Sumut itu mampu melahirkan atlet-atlet yang potensial dan berkualitas sehingga memperoleh prestasi terbaik di tingkat nasional, khususnya di PON Aceh-Sumut yang akan digelar pada 2024 mendatang. 

"Seleksi yang dilaksanakan FPTI Sumut itu untuk proyeksi menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Seleksi ini juga bertujuan untuk mencari bibit baru, dengan memberikan pembinaan jangka panjang kepada para atlet panjat tebing. Mudah-mudahan atlet yang terpilih nantinya dalam pembinaan dapat menunjukkan prestasi dengan menduduki podium tertinggi, mengharumkan nama "Sumut Bermartabat", pungkas Josua. 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021