Melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 111 jalur menuju Danau Siais yang merupakan ikon wisata Kabupaten Tapanuli Selatan kini akan lebih cepat dilalui melalui jalur Simarpinggan, Kecamatan Angkola Selatan, Angkola Barat hingga menuju titik akhir Kelurahan Sangkunur dimana adanya destinasi wisata seperti Danau Siais.

Program fisik TMMD ke-111 Kodim 0212/TS salah satunya adalah pembangunan jalan baru sepanjang 8 kilometer dengan lebar 8 meter yang menghubungkan Desa Sihuom Kecamatan Angkola Barat dengan Desa Lingkungan II Batu Rosak, Kelurahan Sangkunur, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel, Sumatera Utara, ucap Dansatgas TMMD ke - 111 Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, Kamis (17/6).

Kala akses jalan menuju Danau Siais dari Kota Padangsidimpuan bisa memakan waktu 3 hingga 4 jam, akan tetapi jika akses jalan baru tersebut terbangun melalui program TMMD ini maka jalur dari Simarpinggan menuju Siais bisa 1 jam jarak tempuhnya, kata Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing.

Baca juga: TMMD ke-111 Kodim 0204/DS, buka badan jalan

Pembukaan jalan baru di Desa Sihuom, Dusun Tangga Batu tersebut merupakan harapan untuk mempersingkat waktu bagi aktivitas masyarakat dalam memperlancar ekonomi mereka.

Semoga harapan masyarakat dan pemerintah daerah setempat guna memudahkan akses jalan penjualan hasil pertanian dan perkebunan warga dan menarik wistawan ke Danau Siais, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dapat segera selesai tepat waktu, dan semoga cuaca juga mendukung pengerjaan ini, harap Letkol Inf RC Sihombing. 

"Bagaimana keterisolir desa tersebut melalui TMMD ke 111 tersebut menjadi perhatian penting guna memudahkan akses menuju daerah tempat wisata dan jalur perekonomian dan perdagangan masyarakat dipermudah dan akses waktu lebih cepat," ucap Dandim 0212/TS.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021