Bupati Tapanuli Selatan Dolly P.Pasaribu memberikan penghargaan kepada sejumlah Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Wilayah itu. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Tapsel, Nurdin Pane kepada ANTARA, Minggu (13/6). Kata dia penyerahan penghargaan itu dilakukan pada Sabtu (12/6) di Aula Dinas Sosial, Sipirok.

Baca juga: Bupati Tapsel panen perdana bawang merah bersama Karang Taruna

Penghargaan Graduasi terbanyak Pertama diberikan kepada Adek Inriyani dari Kecamatan Angkola Barat, disusul Kedua Triwelki Hutauruk dari Kecamatan Tantom Angkola dan Ketiga Muliadi Simatupang dari Kecamatan Tantom Angkola.

Dalam pemberian penghargaan Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu didampingi Kadis Sosial Nurdin Pane, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Ratnawati, Kabid Penanganan Fakir Miskin Mhd Yusuf, Koordinator PKH Kabupaten Tapsel Anwar Affandi dan disaksikan seluruh pendamping PKH daerah itu.

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu mengapresiasi para Pendamping PKH yang telah mengedukasi sehingga banyak para penerima PKH telah mengundurkan diri (Graduasi) secara sukarela. 

Kemensos untuk keakuratan data penyaluran bantuan sosial juga telah melakukan pemadanan data dengan data Dukcapil. "Sejalan dengan itu saya minta agar data PKH disajikan dengan benar dan rutin diverifikasi dan di validasi," kata Dolly seraya meminta PKH yang menemukan peserta PKM secara ekonomi mapan agar juga di graduasi. 

Tidak lupa juga Dolly menekankan seluruh Pendamping PKH pro aktif menyosialisaikan protokol kesehatan ke tengah masyarakat upaya mencegah penularan dan penyebaran wabah penyakit COVID-19 yang belum diketahui kapan berakhir.

Koordinator PKH Kabupaten Tapsel, Anwar Affandi, menjelaskan penghargaan diberikan mengingat Pendamping PKH yang melakukan pendampingan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berhasil memberikan edukasi melalui Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2).

"Jumlah KPM Tapsel penerima bantuan Tahun 2020 sebanyak 10.544 KPM menurun dibanding periode Januari - Mei  2021," katanya. 

Pada Januari 2021 penerima bantuan 10.544 KPM. Sedang Mei 2021 Tapsel mendapat KPM perluasan sebanyak 1.676 KPM sembako dan KPM BST sehingga Tahun 2021 hingga Mei total menerima bantuan 12.220 KPM.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021