Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan bersinergi dengan  Badan Kepawaian Negara V, Propinsi Sumatera Utara untuk bersinergi dalam pelaksaan Penerimaan Taruna Baru (PTB).

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I, Hartanto melakukan kunjungan ke kantor BKN Regional VI, Rabu dan langsung di terima oleh Kepala BKN Regional VI Aidu Tauhid. 

Penerimaan Taruna Baru (PTB) ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk penentuan Taruna Baru Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang nantinya akan menjadai sumber daya manusia di lingkungan BMKG dan dilakukan serentak di Indoensia sesuai dengan kordinasi BKN. 

Baca juga: BMKG prakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah

PTB di BKN Regional VI dilakukan pada tanggal 13-15 Juni 2021. Calon PTB ini berasal dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia dan pelaksanaan PTB di BKN ini di ikutin oleh 1153 peserta. 

Sementara Aidu Tauhid menjelaskan proses pelaksanaan PTB dalam hal ini dibagi dalam 2 tahapan test, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 

Pelaksanaan di masa pandemik COVID-19 ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Seluruh peserta telah dibagi dalam beberapa kelompok dalam teknis pelakasanannya.

Sementara, Ketua Penangungjawab, Sub Kordinator Persuatan dan Kepegawaian Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Surya Surbakti menjelaskan PTB STMKG dilakukan dengan 3 tahapan proses, yaitu Seleksi Kompetensi di BKN, Kesehatan/Kebugaran (BMKG) dan Wawancara (BMKG). 

Ditahun ini PTB STMKG dibuka dengan 4 program jurusan studi Sarjana Terapan yaitu Jurusan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika dan Instrument. 

Seleksi ini dilakukan secara bertahap dan Biaya selama proses seleksi sampai dengan pendaftaran ulang setelah dinyatakan diterima sebagai taruna ditanggung sepenuhnya oleh pendaftar dan Biaya pendidikan selama di STMKG ditanggung negara. 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021