Dinas Pendidikan Sumatera Utara memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2021, menyusul adanya permasalahan dalam pelaksanaan pendaftaran daring.
 
Edukasi tersebut dilaksanakan di Aula Amir Hamzah Kantor Disdik Sumut pada Selasa (8/6), yang dihadiri sejumlah calon peserta didik beserta orang tuanya.
 
"Hari ini kita akan 'support' untuk membantu edukasi. Kita khawatir memang ada kendala didigitalisasi, karena itu kita coba lakukan edukasi hari ini membantu masyarakat untuk bisa akses," kata Sekretaris PPDB Sumut Suhendri.

Baca juga: Pemprov Sumut evaluasi kesiapan pembelajaran tatap muka
 
Ia membantah adanya gangguan dalam sistem pendaftaran PPDB. Menurutnya, permasalahan tersebut karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang sistem digitalisasi.
Sekretaris Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sumut Sehendri (kanan). (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)
 
"Sebagian besar ada kesalahan dalam menggunakan alat komunikasi. Kebanyakan ada yang menggunakan handphone, kemudian history yang ada di handphone itu tidak dihapus. Sehingga teman-teman masyarakat mengalami kendala di situ, itu saja sebenarnya," katanya.
 
Ia memastikan bahwa dinas pendidikan tidak akan merugikan para calon peserta didik, dengan cara memberikan edukasi dan membantu masyarakat secara langsung untuk proses pendaftaran.
 
Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi di media sosial serta meminta bantuan Ikatan Guru Indonesia (IGI) untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pendaftaran PPDB.
 
"Hari ini penanganan masih ada di sini, kalau di cabang dinas sudah ada penanganan, sehingga kita berbagi. Jadi kalau mereka datang ke sini, kami siap melayaninya kalau datang ke cabang dinas, mereka di sana siap melayani," ujarnya.
 
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021