Peringati Hari Peduli Sampah (HPS) Nasional, Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan, membuka kegiatan gotong-royong kebersihan lingkungan, yang digelar di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Kelurahan Pancuran Dewa, Kecamatan Sibolga Sambas Kota, Sibolga, Sumatera Utara, Kamis (20/5).

Dalam sambutan, Wali Kota menegaskan, bahwa kegiatan gotong-royong tersebut tidak untuk sementara, tetapi harus berkelanjutan.

“Kami bersama OPD memformulasikan kebersihan Kota Sibolga agar bisa menuju Kota yang bersih, sehat, dan makmur. Adapun pencanangan baru tersebut, di mana petugas kebersihan yang selama ini terbagi dalam kelompok, diubah menjadi per lingkungan,” katanya.

Baca juga: Vaksinasi massal di Sibolga targetkan 70 persen warga

Dan sebagai lingkungan percontohan untuk bulan ini sampai bulan depan, adalah Kelurahan Pancuran Dewa dan Kelurahan Pancuran Bambu, sebut Wali Kota.

“Setiap lingkungan akan ditugaskan 4 orang yang bekerja selama 8 jam. Tidak ada lagi petugas yang bekerja hanya untuk menyapu jalan, lalu pulang, memungut sampah, lalu pulang. Nah, Bapak Ibu (Petugas Kebersihan) tidak perlu khawatir, honor petugas kebersihan lingkungan yang bekerja satu hari 8 jam akan kita tingkatkan sesuai UMR Sumatera Utara.” Janjinya.

Ditegaskannya, Kota Sibolga harus berpacu menjadi Kota Perdagangan dan Wisata sebagai bagian dari destinasi Wisata Danau Toba yang sedang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

Oleh karena itu, Jamal mengajak agar memahami tupoksi masing-masing petugas kebersihan lingkungan.

“Kepala Lingkungan, Lurah dan Camat harus ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan masing-masing,” tegasnya.

Pembukaan kegiatan gotong-royong ini ditandai dengan membagikan peralatan kebersihan kepada masyarakat yang ikut bergotong-royong.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021