Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Toba, Sumatera Utara melakukan Safari Ramadhan mengunjungi sejumlah masjid di daerah tersebut dengan menerapkan protokoler kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Perjalanan Safari Ramdhan yang dilakukan pengurus DMI Toba ke sejumlah masjid yang disebar dalam beberapa kecamatan itu dibagi atas tiga Tim sembari menyerahkan masker dan hand sanitizer", ujar Ketua DMI Toba, H. Arif Subari di Balige, Sabtu (1/5).

Baca juga: DMI Toba: Manfaatkan puasa Ramadhan makmurkan masjid

Safari Ramadhan yang dilakukan, katanya dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi antara Pengurus DMI Toba dengan masyarakat.

H. Subari menjelaskan, selama kegiatan Safari Ramadhan, tim DMI Toba yang melakukan perjalanan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan cara memakai masker, menggunakan hand sanitaizer serta menjaga jarak, sesuai prokes.

"DMI ingin berkarya, agar Masjid berdaya dan umat akan semakin berjaya", ucap H.Arif.

Pelepasan pemberangkatan Tim Safari Ramadhan, dilakukan di Sekretariat DMI Toba, Jalan Patuan Nagari 118 Balige.

Koordinator Tim 2 Safari Ramadhan DMI Toba , Supriadi SPd menjelaskan, pelaksanaan safari ramadhan dilakukan sesingkat mungkin, tanpa mengurangi nilai-nilai ibadah, mengingat penyebaran virus Covid-19 yang harus dihindarkan.

"Kegiatan safari Ramadhan, dirangkai dengan memberikan Masker dan hand sanitizer kepada pengurus Badan Kenaziran Masjid (BKM), dalam rangka mencegah penularan COVID-19", ujar Supriadi.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Toba, Jauhari Samosir yang hadir dalam acara safari pengurus DMI di Masjid Al Hidayah Porsea, menyampaikan apresiasi atas kunjungan tersebut.

"Kami menyambut baik kunjungan safari ramadhan yang dilakukan DMI Kabupaten Toba dengan memberikan Masker dan hand sanitizer, sebagai upaya dalam mendukung dan antisipasi merebaknya virus Corona", kata Samosir. 

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Toba, dr Pontas Batubara menyebutkan, Bupati Toba telah membuat surat edaran yang menarasikan perketatan prokes.

"Surat edaran oleh Bupati Toba bertujuan agar penanggulangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Toba harus lebih serius", katanya.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021