Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Toba, Sumatera Utara, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan ibadah puasa dalam bulan Ramadhan guna memakmurkan Masjid-masjid di daerah tersebut.

"Ramadhan akan segera berlalu. Jangan biarkan waktu terlewat begitu saja. Mari kita manfaatkan sisa waktu yang ada untuk memperbanyak ibadah dan memakmurkan masjid di penghujung bulan penuh suci ini," ajak Ketua DMI Toba, H. Arif Subari saat acara Buka puasa bersama pengurus DMI di Balige, Selasa (27/4).

Baca juga: DMI Kabupaten Toba ingatkan tarawih tetap patuhi prokes

Dikatakan, memakmurkan masjid dalam arti luas bukan hanya datang untuk beribadah, tetapi hendaknya bisa memberikan manfaat positif bagi masyarakat, dengan cara meramaikan serta menggagasi perbaikan atau pembangunan diperlukan, agar masjid menjadi sarana beribadah yang nyaman.

"Mari kita manfaatkan moment puasa menjelang penghujung Ramadhan ini, dengan memperbanyak ibadah serta memakmurkan masjid, guna meraih ridha Ilahi", ajak Arif Subari.

Dalam acara buka puasa bersama yang dihadiri Pengurus dan Majelis Pakar DMI Kabupaten Toba itu, Bendahara DMI Toba, Supriadi SPd memaparkan kronologis terbentuknya organisasi tersebut, serta berbagai program yang dicanangkan termasuk mengadakan kegiatan safari ramadhan.

"Safari Ramadhan akan kita laksanakan dengan mengunjungi sejumlah masjid untuk syiar Agama, yang tentunya dengan mempedomani dan mematuhi setiap aturan sesuai Prokes", jelas Supriadi.

Kabid Urusan Agama Islam (Urais) Kantor Kemenag Kabupaten Toba, Ustadz Sahari dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua DMI Toba menambahkan, Tim Safari Ramadhan yang akan mengunjungi sejumlah masjid akan memfokuskan kajian-kajian tentang bagaimana masjid juga bisa menjadi tempat sumber inspirasi, inovasi dan petunjuk yang berasal dari rahmat Allah SWT. 

Ia menyebutkan, kehadiran Dewan Masjid Indonesia di Kabupaten Toba, diharapkan membawa beberkahan dalam menyikapi kebutuhan dakwah dari masjid ke masjid.

"Masjid bukan hanya sebagai sarana untuk tempat ibadah, tetapi harus mampu memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat," kata Sahari.

Acara buka bersama di kantor sekretariat Pimpinan Daerah DMI Toba tersebut dihadiri Badan Ekonomi syariah, Yosie Fatimah Napitupulu serta Majelis Pakar di antaranya Ustadz H. Hukdin Samosir, Irwan Malik Marpaung dan A. Munir Sirait.
 

Pewarta: Imran Napitupulu

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021