Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menargetkan dalam setahun setidaknya lima dosen di perguruan tinggi tersebut menyandang Guru Besar dan 15 lektor kepala.

Rektor UMSU Prof. Agussani di Medan, Jumat (30/4), mengatakan, pihaknya terus mendorong para dosen yang ada di perguruan tinggi itu untuk terus meningkatkan kualitas SDM.

"Saat ini UMSU memiliki empat lagi kandidat Guru Besar. UMSU menargetkan 5 guru besar dan 15 lektor kepala dalam setahun. Ini sudah menjadi program UMSU dalam merealisasikan SDM para dosen," katanya.

Hal itu ia sampaikan terkait dirinya yang sudah menerima Surat Keputusan Mendikbud dan Ristek sebagai Guru Besar di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Baca juga: Prof Agussani resmi jadi Guru Besar UMSU

Ia menyebutkan jabatan akademik sebagai Guru Besar tersebut merupakan anugerah yang akan ia pertanggungjawabkan dan tentu akan bermanfaat bagi masyarakat.

"Capaian Guru Besar membuktikan bahwa tidak ada yang tidak bisa, tapi kita harus yakin sehingga jabatan profesor yang tidak mudah menjadi mudah dicapai," katanya.

Sebelumnya Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara Prof. Ibnu Hajar mengatakan penyerahan SK Guru Besar kepada Rektor UMSU sesuatu yang istimewa, sekaligus semakin membuktikan kualitas Akreditasi A yang telah disandang UMSU.

"Sebentar lagi para wakil rektor UMSU juga meraih guru besar. Saya menghormati pencapaian Guru Besar Rektor UMSU dan menularkannya kepada yang lain. Ini luar biasa dan membanggakan," katanya.

Ia juga menyampaikan harapan jabatan akademik yang diraih Rektor UMSU semakin memberikan manfaat bagi masyarakat dan pihaknya menginginkan UMSU menularkan kesuksesannya kepada 216 PTS lainnya yang ada di Sumut.

Karena menurut dia setengah dari jumlah PTS yang ada di Sumut itu masih membutuhkan pembinaan.

Untuk itu, lanjutnya, penyerahan SK Guru Besar kepada Rektor UMSU menjadi momentum untuk memancing perbaikan pengelolaan perguruan tinggi yang lain.

Peran UMSU semakin dibutuhkan untuk menularkan pencapaiannya yang semakin menggeliat dan meroket. Kampus UMSU akan bangga dengan torehan guru besarnya semakin banyak.

"UMSU akan menjadi inovator dan inspirator. Hadirnya guru besar akan menimbulkan dampak untuk mendorong peningkatan mutu di UMSU," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021