Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Kota Medan menggelar penataran dan pelatihan dasar judo dalam upaya meningkatkan kompetensi para pelatih sehingga nantinya diharapkan mampu menciptakan atlet judo berkualitas.

Ketua PJSI Medan, Josef Yus, Rabu (14/4), mengatakan pelatihan yang digelar di Padepokan Judo Jalan Gaharu Medan yang diikuti 20 peserta tersebut dalam upaya melahirkan kader-kader pelatih profesional untuk melahirkan atlet-atlet andal.

"Pelatihan melibatkan instruktur dari PJSI Sumut dengan materi antara lain balance, teknik jatuh badan, kuncian dan lainnya,” kata Yosef Yus yang mengapresiasi dukungan KONI Medan selama ini.

Baca juga: PJSI Medan diharapkan kembali lahirkan pejudo nasional

Sementara Ketua KONI Medan Eddy H Sibarani mengatakan untuk menciptakan seorang atlet andal, setidaknya ada tiga faktor  yang harus terpenuhi yakni kepengurusan, pelatih dan ketiga adalah wasit atau juri.

"PJSI telah menyahutinya dengan memulai program terhadap peningkatan pelatih. Walaupun output nya tetaplah menciptakan atlet-atlet yang andal," katanya.

Ia berkeyakinan lewat program pelatihan yang digelar PJSI Medan itu akan lahir lagi atlet-atlet judo andal yang di kemudian hari akan mengharumkan nama Medan di pentas nasional. 

"Harapan kita tentu PJSI Medan tetap menjadi penyumbang utama atlet judo untuk Sumut. Kita ketahui 2024 Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah PON. Setidaknya hari ini kita telah melakukan tahapan persiapan untuk menuju ke sana dengan dilaksanakannya pelatihan ini," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021