PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Medan menyebut, belum bisa cek memastikan bakal mengangkut logistik Lebaran menggunakan kapal penumpang musim mudik tahun ini di Pelabuhan Belawan.

"Sampai saat ini, kita belum ada rapat. Apa bisa mengangkut logistik atau tidak, kita belum tahu," kata Pelaksana tugas Kepala Pelni Cabang Medan, Harbin Simamora di Medan, Rabu.

Hingga kini, lanjutnya, pihaknya menunggu perkembangan informasi dari kantor pusat PT Pelni di Jakarta, setelah pemerintah resmi melarang mudik Lebaran pada 6 - 17 Mei 2021.

 

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan memberlakukan pembatasan moda transportasi baik darat, laut, udara maupun kereta api sepanjang rentang waktu tersebut.

Hal ini tertuang di Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13/2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui, PT Pelni Cabang Medan mengoperasikan KM Kelud membawa penumpang dan angkutan logistik di pelayaran Jakarta-Batam-Tanjung Balai Karimun-Belawan pergi pulang.

"Kita patuhi aturan dari pemerintah soal larangan mudik itu. Untuk saat ini, belum ada peningkatan penumpang baik dari dan tujuan Jakarta, Batam, maupun Tanjung Balai Karimun," ucap Harbin.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021