Pemerintah Kota Medan menawarkan bantuan kepada nelayan tradisional demi meningkatkan perekonomian keluarga, khususnya di Kecamatan Medan Belawan.

"Saat ini yang dapat diberikan Pemkot Medan adalah bantuan nelayan tradisional," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Gabion, Belawan, Medan, Selasa (13/4).

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah menginstruksikan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan agar menampung aspirasi terkait segala kebutuhan nelayan tradisional tersebut.

Baca juga: Pemkot Medan berencana bentuk masjid mandiri

Selain itu, kata wali kota, kehadiran pihaknya secara langsung di TPI Gabion, Belawan, untuk melihat dan mendengarkan langsung permasalahan yang dialami oleh para nelayan tradisional di perairan Belawan.

"Pemkot Medan tidak berwenang melarang, dan menindak tegas pelanggaran penangkapan ikan dengan pukat trawl. Tetapi ke depan, kita koordinasi dan kolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta pemerintah provinsi agar permasalahan itu teratasi," ungkap Bobby.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan Ikhsar Risyad Marbun menjelaskan pihaknya siap menampung dan memberikan bantuan nelayan tradisional setempat.

"Kita dapat memberikan bantuan asuransi nelayan, dan pelatihan bagi ibu - ibu nelayan agar dapat meningkatkan perekonomian," katanya.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021