Pelaksanaan Kuliah kerja Nyata (KKN) mahasiswa Fakultas Agama Islam di Kabupaten Batubara secara resmi ditutup oleh Bupati Batubara di Aula Rumah Dinas Bupati Tanjung Gading  Kecamatan Sei Suka Senin (5/4) sore. 

Penutupan itu dirangkai dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama LPKM UISU dan FAI UISU dengan beberapa OPD di lingkungan Pemkab Batubara . 

Hadir mewakili Bupati Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Batubara Ruslan Herri S.Sos. Sedangkan dari UISU hadir Ketua LPKM UISU Dr. Rahmad Setia Budi mewakili Rektor UISU bersama Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) UISU Dr. M Firman Maulana bersama Pimpinan FAI UISU.

Baca juga: Gubsu hadiri peletakan batu pertama pintu selatan Mesjid UISU

Pada kesempatan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Batubara Ruslan Herri S.Sos menyampaikan apresiasinya kepada UISU yang melakukan berbagai kegiatan dan program pasca penandatanganan MoU antara Rektor UISU dan Bupati Batubara. 

Salah satunya adalah pelaksanaan KKN yang dilakukan mahasiswa Fakultas Agama Islam di beberapa desa di wilayah Kabupaten Batubara.

Pihaknya juga berharap agar pasca penandatanganan kerjasama antara LPKM UISU dan FAI UISU dengan berbagai OPD di lingkungan Pemkab Batubara dapat ditindaklanjuti dengan pelaksanaan program kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Batubara dan juga memberikan manfaat kepada UISU.

Beberapa OPD yang melakukan penandatanganan kerjasama yakni Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Bagian Kesejahteraaan Rakyat Setdakab Batubara, Camat Air Putih, Camat Medang Deras, Kepala Desa Aras Kecamatan Air Putih, Kepala Desa Lalang Kecamatan Medang Deras.

Pada saat yang sama, Dekan Fakultas Agama Islam Dr. M Firman Maulana mengatakan bahwa dari hasil monitoring yang dilakukan pihaknya pada saat pelaksanaan KKN, banyak program yang dapat dikerjasamakan antara Fakultas Agama Islam dan pemerintah Kabupaten Batubara. 

Seperti halnya dalam peningkatan kegiatan keagamaan di Mesjid, pembinaan generasi muda di desa hingga kaderasi dalam hal pelaksanaan fardhu khifayah jenazah. 

Untuk itu, pihaknya sangat berharap agar perjanjian kerjasama yang dilakukan FAI dengan berbagai OPD di lingkungan Pemkab Batubara dapat segera direalisasikan dalam program yang konkrit. 

Sebagai Dekan Fakultas Agama Islam, pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Batubara yang telah bersedia dan memafasilitasi pelaksanaan KKN mahasiswa. 

Sebab, pihaknya melihat sendiri bahwa respon pihak Kecamatan sangat baik menerima kehadiran mahasiswa untuk pelaksanaan KKN.

”Alhamdulillah, terimakasih kepada Pemkab Batubara,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua LPKM UISU Dr. Rahmad Setia Budi mewakili Rektor UISU dalam sambutannya memaparkan program pelaksanaan kerjasama yang telah dilaksanakan beberapa fakultas di Batubara. 

Pembuatan rancangan atau desain untuk penataan kawasan pemukiman kumuh di Kabupaten Batubara oleh Fakultas Teknik UISU. 

Kemudian, penelitian tentang Upaya Peningkatan Perilaku Kesehatan Masyarakat Dalam Menghadapi Tatanan Kehidupan Baru di Masa Pandemi Covid-19 oleh Fakultas Kedokteran UISU, pembuatan buku cerita tentang Covid-19 dalam dalam Dwi Bahasa  untuk siswa tingkat SD dan SMP oleh Fakultas Sastra dan program lainnya dari fakultas dan unit yang ada di lingkungan UISU. 

Kedepan diharapkan MoU yang telah terjalin antara UISU dan Pemkab Batubara dapat diimplementasikan dengan berbagai program yang dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. 

“Inshaa Allah Kabupaten Batubara menjadi yang terbaik,”ucapnya.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021