Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung, Leonard Silalahi mengukuhkan pembentukan Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) demi mengefektifkan pencegahan dan penindakan gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Rutan.

"Satops Patnal yang dibentuk dan dikukuhkan Satops di lingkungan Rutan Kelas IIB Tarutung ini diharapkan dapat meningkatkan dan memenuhi sasaran pengawasan dalam upaya mencegah dan menindak terjadinya pelanggaran prosedur dan penyalahgunaan wewenang petugas pada fungsi tertentu," ungkap Leonard, Sabtu (27/2).

Kata dia, kegiatan yang digelar serentak di lingkungan UPT Pemasyarakatan se-Tapanuli Raya, di antaranya Rutan Kelas IIB Humbang Hasundutan, Rutan Kelas IIB Balige, dan Lapas Kelas III Pangururan, merupakan upaya dalam mengoptimalkan tugas dalam melakukan pencegahan dan penindakan gangguan keamanan dan ketertiban secara efektif.

Baca juga: Rutan Tarutung gelar tes urine cegah peredaran narkoba

Pada pelaksanaan tugasnya, anggota Satops Patnal menggunakan pakaian dinas lapangan yang dilengkapi atribut khusus sebagai identitas tim.

Dikatakan, selain untuk tujuan dimaksud, Tim Satops Patnal juga akan difungsikan dalam perbaikan seluruh aspek pelaksanaan tugas pemasyarakatan meliputi fungsi pembinaan petugas dan peningkatan layanan pemasyarakatan.

"Seorang pengawas yang baik adalah seseorang yang memahami apa yang dia awasi," sebutnya.

Baca juga: Deklarasi janji kinerja, Kepala Rutan Tarutung : Komitmen pelayanan terbaik

Menurutnya, hal tersebut tak hanya berlaku untuk personil Tim Satpos Patnal, akan tetapi bagi seluruh pegawai di lingkungan Rutan kelas IIB Tarutung. 

"Masing-masing kita adalah Satops Patnal, dan anggota tim yang dikukuhkan hari ini adalah mereka yang akan mengingatkan dan mengawasi," terangnya.

Harap Leonard, Tim Satops Patnal yang dikukuhkan mampu memenuhi harapan dari Kepala kantor Kemenkumham dalam mengemban program unggulan tim, UPT Pemasyarakatan Percontohan, dan "Food Estate Prison" sebagai tugas tambahan.

"Segera, tim harus secepatnya menyusun 'action plan' dan semoga apa yang kita cita-citakan bisa tercapai. Rutan kelas IIB Tarutung harus mampu lebih baik lagi dalam membawa nama baik Sumut, dan semangat menuju masa depan yang lebih baik," pungkasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021