Suntikan kedua dari Vaksinasi Tahap II kembali dilaksanakan oleh Tim Satgas COVID-19 Kota Tebing Tinggi di Dinas Kesehatan Kota, Selasa (23/02). 

Vaksinasi ini diikuti oleh Kajari Tebing Tinggi, Kapolres Tebing Tinggi, Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi beserta istri, Setdako Tebing Tinggi beserta istri dan beberapa jajaran dari OPD Pemerintah Kota Tebing Tinggi.

Jubir satgas Covid-19, dr.H Nanang Fitra Aulia, Sp.PK menjelaskan penyuntikan kedua dari Vaksin Covid-19 ini dilakukan untuk menguatkan sistem imun yang telah terbentuk dari suntikan pertama yang telah dilakukan sebelumnya.

Baca juga: Ini identitas 9 korban tewas dalam tabrakan maut bus Intra kontra Avanza di Sergai

Suntikan pertama Vaksin Covid-19 untuk memicu respon imun tubuh terhadap vaksin yang diberikan. Sedangkan suntikan kedua untuk meningkatkan dan menguatkan respon imun yang sebelumnya sudah terbentuk saat suntikan pertama" jelas jubir Satgas COVID-19 Tebing Tinggi.

Jubir satgas menjelaskan dengan suntikan kedua ini, tubuh dipastikan akan lebih respon dan kuat dalam melawan virus COVID-19. Kemudian akan tercipta banyak populasi yang memiliki daya imun baik dan tahan terhadap COVID-19 atau disebut herd immunity. Dengan herd imunity memungkinkan penyakit tidak menyebar secara luas dan sebaran COVID-19 akan dapat dihentikan.

Vaksinasi tahap 1 ini masih difokuskan untuk tenaga medis, pejabat pemerintahan serta tokoh agama dan masyarakat. Setelah tahap 1 ini rampung, barulah pelaksanaan vaksinasi tahap 2 dilakukan tetapi masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pemerintah Pusat.
 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021