Panatapan Hutaginjang Muara sebagai salah satu obyek wisata unggulan Danau Toba di wilayah Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara akan semakin dibenahi dalam upaya menyajikan keindahan panorama alam Danau Toba dari sudut ketinggian dataran Hutaginjang Muara.

"Panatapan Hutaginjang Muara, secara umum kawasan wisata Danau Toba Muara siap menyambut kunjungan wisatawan, meski masih tetap membutuhkan pembenahan lebih lanjut," ungkap Yunus Caesar Hutauruk, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara kepada ANTARA, Rabu (17/2).

Yunus meyakini keberadaan Panatapan Hutaginjang dengan sentuhan pembenahan ke depan ditambah lagi semangat gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dan #BeliKreatifDanauToba ala Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno juga akan lebih mampu menggaungkan destinasi wisata Danau Toba Muara demi peningkatan arus wisatawan yang tentunya berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. 

"Saat ini, destinasi unggulan di Taput itu ada dua, ada Panatapan Hutaginjang yang inklusif dalam wisata Danau Toba Muara hingga Pulau Sibandang, serta destinasi wisata Salib Kasih, yang keduanya memiliki panorama alam yang indah dan menyejukkan," sebutnya.

Selain menyajikan panorama alam Danau Toba yang tiada duanya, Panatapan Hutaginjang juga akan menjadi lokasi pelaksanaan "event" paralayang yang pembenahannya telah cukup lama dilakukan melalui kegiatan pelatihan bagi masyarakat setempat menjadi atlet paralayang solo dan tandem yang menjadi "gawean" Dinas Pemuda Olahraga setempat.

Demikian halnya, rencana pelaksanaan "event" lainnya seperti turnamen balap sepeda yang menjelajah lingkar luar Danau Toba untuk mendatangkan wisatawan, juga telah dipersiapkan.

"Untuk saat ini, berbagai upaya pembenahan telah dilakukan meski tetap saja kita masih membutuhkan perhatian pemerintah pusat. Sebab, setelah infrastruktur jalan telah mulus menuju destinasi dimaksud, kita juga berharap Kemenparekraf memiliki desain menyeluruh untuk diterapkan di kawasan Danau Toba tanpa menimbulkan sisi persaingan antara 8 daerah kabupaten di kawasan Danau Toba," ujarnya.

#GernasBBI
#BeliKreatifDanauToba

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021