Pemerintah Kota Tebing Tinggi menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batubara di beberapa bidang program pembangunan. Penandatangan MoU langsung dilakukan kedua pimpinan daerah, Senin (1/2) di Aula Rumah Dinas Bupati Batubara di Komplek Inalum Tanjung Gading.

Rombongan Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan bersama Asisten Pemerintahan Bambang Sudaryono, Plt Kadis Perdagangan Gul Bakhri Siregar, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, Kadis Perkimsih dan Kabag Pemerintahan Sahdamayanto di terima langsung Bupati Batubara H Zahir di dampingi Sekda Batubara H Sakti Alam Siregar beserta Asiten dan OPD di Aula Rumah Dinas Bupati Batubara.  

Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Batubara yang telah menyambut kami dengan sangat baik.

 "Saya menyatakan ingin belajar juga dari Pemerintah Kabupaten Batubara, karena kabupaten ini adalah sebuah bongkahan berlian dari Provinsi Sumatera utara yang sangat banyak memiliki potensi. Seperti halnya potensi pertanian cabai dan potensi bidang industri,katanya.

MoU antar dua daerah ini diadakan untuk memberikan manfaat kepada pemerintahan daerah tersebut. "Saya berharap dengan adanya kerja sama ini, Potensi yang ada di daerah harus lebih kita tingkatkan lagi demi kesejahteraan masyarakat. 

Wali Kota mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerjasama Daerah, Pemerintah Kabupaten Batubara MoU Dengan Pemko Tebingtinggi menandatangani kesepakatan kerjasama beberapa program pembangunan dibidang Perdagangan, Industri, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan Hidup dan bidang lainnya yang disepakati bersama. 

Selanjutnya kerjasama ini juga akan diikuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dinas Perdagangan Kota Tebing Tinggi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabuaten Batubara, dalam hal Pelayanan Tera/Tera Ulang dan Pengawasan Kemetrologian.  

Baca juga: Wali Kota berharap RAPI Tebing Tinggi sebagai wadah penyampaian informasi

Hal ini menurut Wali Kota bertujuan untuk menjamin terlaksananya Daerah Tertib Ukur di Batubara serta membantu agar Unit Metrologi Legal di Batubara dapat berdiri dan melayani Tera/ Tera Ulang secara mandiri di kemudian hari.

"Apalagi ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan oleh Kabupaten/Kota pasca terbitnya UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah," ujar Wali Kota

Sementara itu Bupati Batubara Zahir dalam sambutannya juga mengucapkan selamat datang kepada Wali Kota Tebing Tinggi beserta para jajaran yang hadir di kabupaten Batubara.

"Pemerintah Kabupaten Batubara akan terus belajar kepada Pemerintah Kabupaten atau Kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Hal ini untuk kemajuan dan penyempurnaan Kabupaten Batubara,ucap Bupati Zahir.

Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini kita bisa lebih besinergi lagi untuk pembangunan masyarakat. Tebing Tinggi dan Batubara sebenarnya merupakan daerah yang tidak bisa dipisahkan. 

"Walaupun Kawasan Industri nantinya ada di Batubara, namun imbasnya pasti besar terhadap Tebing Tinggi baik jalur transportasi, kulinernya maupun fasilitas penginapannya. Tebing Tinggi memiliki itu semua,tutup Zahir.

Usai Penandatanganan Kesepakatan Bersama, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata oleh kedua pimpinan daerah

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021