Sebanyak empat desa di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara berhasil meraih penghargaan dalam empat kategori berbeda pada kegiatan lomba desa percontohan PKK tingkat Sumatera Utara 2019.

"Sebanyak empat desa di Taput berhasil meraih empat kategori terbaik pada lomba desa percontohan PKK tingkat Sumatera Utara 2019," ungkap Kepala Dinas PMD Donny Simamora dan Lam Miduk Sinaga, Kabid Kelembagaan, Dinas PMD Taput yang turut mendampingi 4 Kepala Desa penerima penghargaan, di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Senin (30/11).

Baca juga: Ketua STGH HKBP, Pdt DS meninggal akibat COVID-19

Kata Donny, raihan keberhasilan tersebut adalah berkat dukungan penuh Bupati Taput Nikson Nababan, serta Ketua TP PKK Satika Simamora.

"Harapan kita, ke depan, semua stakeholder yang ada lebih optimal dan bersinergi dalam melakukan pembinaan terhadap desa percontohan dan tentunya kerjasama dan partisipasi masyarakat juga sangat dibutuhkan sehingga upaya percepatan pembangunan desa dapat dicapai dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Keempat desa peraih penghargaan yakni Desa Sibaganding Kecamatan Pahae Julu untuk kategori lingkungan bersih dan sehat sebagai juara 1.

Desa Pagaran Lambung 3 Kecamatan Adiankoting, meraih juara 2 kategori program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera. 

Desa Pohan Tonga Kecamatan Siborongborong, meraih juara 3 untuk kategori posyandu, serta Desa Hutauruk Kecamatan Sipoholon yang meraih juara harapan 2 untuk kategori IVA Test.
 
"Dari awal ada sebanyak 10 desa untuk 10 kategori yang diikuti oleh desa di Taput sebagai binaan Ketua TP PKK Satika Simamora," imbuh Lam Miduk.

Dikatakan, penghargaan untuk kategori PTP2WKSS dan IVA Test secara langsung diserahkan Ketua TP PKK Propinsi Sumatera Utara, Ny Nawal Edy Rahmayadi. 

Sementara, penghargaan untuk kategori lingkungan bersih dan sehat serta posyandu akan dilaksanakan pada akhir Desember 2020.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020