Sebanyak lima kelompok budidaya ikan tawar di Kabupaten Mandailing Natal mendapat bantuan bibit ikan dan pakan dari Provinsi Sumatera Utara.

Bantuan tersebut langsung diserahkan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara kepada kelompok budidaya di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Saba Jambu Kecamatan Panyabungan, Selasa (17/11).

Pada penyerahan tersebut turut juga disaksikan Inspektorat Provinsi Sumut, Kasubbag Program, Febri Dawati tanjung, Bhabinsa, PPL dan para Kepala Desa.

Baca juga: Cegah COVID-19, KPPS Ulu Pungkut Madina di rapid test

Kaseksi Konservasi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumut, Pardamean Lubis, kepada ANTARA, Senin (17/11) mengatakan, bantuan berupa bibit ikan nila dan gurami ini merupakan program stimulan ekonomi Provinsi Sumut.

Ia berharap bantuan stimulus bagi kelompok budidaya ini nantinya dapat meningkatkan perekonomian kelompok budidaya ikan tawar di Mandailing Natal.

Adapun sumber dana bantuan ini dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumut Tahun 2020.

"Dalam penyerahan bantuan ini, kita (DKP) hanya sebatas pendampingan sedangkan sebagai lembaga pengawasan dalam program ini adalah Inspektorat dan KPK," jelasnya 

Menurut Pardamean, program stimulus ekonomi bagi nelayan budidaya air tawar seperti ini juga didapatkan oleh kabupaten/kota lainnya di Sumut. 

"Hampir semua kabupaten mendapat bantuan ini mulai dari tanah Karo, tanah Langkat, Madina dan Nias," ujarnya.

Pemerintah berharap dengan adanya bantuan atas usulan Dinas Perikanan Mandailing Natal ini tingkat perekonomian masyarakat petani yang terdampak COVID-19 semakin bergairah. 

"Kiranya bibit ikan nila dan gurami ini nantinya dapat dibudidayakan dengan baik agar berhasil guna dalam peningkatan ekonomi petani ditengah pandemi COVID-19 saat ini," harapnya. 

Adapun lima kelompok yang mendapat bantuan bibit ikan tersebut adalah kelompok produsen Puja Kesuma Jaya Madani Kelurahan Dalan Lidang, koperasi produsen Aek Rantopuran Mandiri Desa Gunung Tua Jae, koperasi Sukses Bersama Desa Huta Lombang Lubis, kelompok budi daya ikan Saba Pasir Jaya Desa Manyabar dan kelompok Aek Lombang Lubis Kelurahan Mompang Jae.

Sementara itu, Kadis DKP Madina melalui Kasubbag Program, Febri Dawati tanjung berharap bantuan dari provinsi Sumatera Utara ini dapat dimanfaatkan kelompok dengan baik.

"Kita berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga nantinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Pewarta: Holik

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020