Penyaluran pembiayaan/kredit Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh Himpunan Bank-bank Milik Negara (HIMBARA) kepada debitur di Sumatera Utara sudah mencapai Rp3,84 triliun per 18 September 2020

"Pembiayaan tersebut disalurkan kepada 44.926 debitur, dengan pangsa yang relatif berimbang antara debitur baru dan existing," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Wiwiek Sisto Widayat di Sibolangit, Kamis.

Ada 22.516 nasabah baru yang mendapat Kredit PEN, sedangkan sisanya 22.410 debitur yang existing.

Baca juga: Penyaluran kredit UMKM dan peluncuran tranaportasi dan infaq digital Tebing Tinggi

Menurut dia, mayoritas Kredit PEN disalurkan kepada pelaku UMKM dengan pangsa outstanding 90,9 persen dan secara jumlah debitur 97,8 persen.

"Penyaluran Kredit PEN yang sebesar Rp3, 84 triliun itu di atas target hingga September yang sebesar Rp3, 07 triliun," katanya di acara Pelatihan Wartawan.

Wiwiek menegaskan,selain kredit PEN, pemerintah melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) memfasilitasi UMKM untuk bisa lebih mudah mengakses kredit ke perbankan.

Termasuk membantu UMKM memasarkan produknya melalui online.

Aktvitas UMKM, katanya, diharapkan menjadi motor pemulihan ekonomi daerah di saat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

"Harapannya dengan segala program, pemulihan ekonomi Sumut dan secara nasional bisa lebih cepat," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020