Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 0210/BS mewujudkan Lingkungan IV Jalan Marelan VII, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara bebas dari banjir yang terus terjadi selama puluhan tahun ini.

"Mengantisipasi banjir, Kodim 0201/BS berupaya membangun bronjong sepanjang 362 meter di kiri kanan Sei Merah yang membelah pemukiman padat penduduk," ujar Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidhi di Medan, Rabu.

Baca juga: Hari ke-9 TMMD selesaikan 61 persen bangun jalan di Tarabintang Humbahas

Ia menjelaskan, pembangunan bronjong berfungsi untuk menahan luapan air Sei Merah yang selama ini sering membanjiri pemukiman warga bila hujan deras turun.

"Dengan dibangunnya bronjong di Serah Merah itu, maka TNI melalui Satgas TMMD ke-109 Kodim 0201/BS berupaya mewujudkan warga sekitar terbebas dari banjir yang selama ini terus mendera mereka," ujarnya.

Djunaidhi menyebutkan, seiring waktu yang berjalan, sampai saat ini progres pembangunan bronjong di Sei Merah terus mendekati titik rampung.Kerja sama antara personel Satgas dengan warga setempat, menjadi kunci keberhasilan pengerjaan sarana infrastruktur di daerah Pedesaan.

Ia berharap, kepada warga sekitar, untuk bisa merawat dan menjaga bangunan bronjong yang sedang dirampungkan, sehingga dapat bertahan cukup lama, dan tidak mudah rusak.

Kemudian, kepada Satgas TMMD ke-109 Kodim 0201/BS agar terus memberikan Darma Bakti terbaik dan keiklasan untuk membantu masyarakat mengatasi kesusahan mereka.

"Terima kasih kepada personel Satgas yang sudah bekerja dengan giat dan tanpa mengenal lelah dalam membangun bronjong di Sei Merah.Semoga apa yang dikerjakan personel Satgas Kodim 0201/BS ini menjadi pembuktian tema TMMD TA 2020 ini, yaitu 'TMMD Pengabdian untuk Negeri," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020