KPU Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar acara deklarasi kampanye damai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati setempat untuk Pilkada 2020, di halaman KPU setempat, di Sipirok, Senin (28/9).

Deklarasi kampanye ini dihadiri kedua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan Nomor Urut 1 (Yusuf-Roby) dan (Dolly-Rasyid) Nomor Urut 2, sekaligus berikrar sepakat untuk sama-sama menjalankan kampanye damai.

Hadir juga Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Kajari Tapsel Ardian, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, dan mewakili Dandim 0212/TS, Ketua Bawaslu Tapsel SL Simbolon. 

Beserta Komisoner KPU Panataran Simanjuntak, Efendi Rambe, Zulhajji Siregar, Syawaluddin Lubis, dan Kemri Syafei serta Sekretaris KPU Haris Ritonga.

Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak dalam sambutannya meminta agar kedua Paslon nomor 1 dan 2 dapat menjaga kesepakatan fakta integritas dalam rangka mewujudkan Pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang berjalan aman, kondusif.

"Selain itu yang lebih penting sesuai fakta integritas masing-masing Paslon dalam menjalankan setiap tahapan Pilkada tetap menaati protokol kesehatan upaya mencegah penyebaran COVID-19," tegasnya seraya menyatakan KPU tetap independent dan berintegritas.

Sementara Ketua Bawaslu Tapsel,  S.L Simbolon dalam kesempatan ini menekankan agar para Paslon dan Tim Kampanye dalak berkampanye tetap mematuhi aturan yang ada dan mengedepankan etika dan esteika, demi Pilkada damai dan berintegritas.

 
Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu memukul gong tanda pemukaan deklarasikan kampanye damai yang digelar KPU setempat, Senin (28/9) (ANTARA/Kodir)

Sementara Kapolres AKBP Roman Smaradhana Elhaj dalam kesempatan ini menekankan agar Paslon dalam menjalankan tahapan Pilkada dapat mematuhi Maklumat Kapolri terkait protokol kesehatan demi kepentingan bersama.

"Mari kita semua baik penyelenggara mauoun Paslon dan stakeholder lainnya dapat menunjukkan contoh yang baik dan mudah-mudahan pelaksanaan Pilkada 2020 Tapsel menjadi terbaik di Sumut bahkan di Indonesia ini," kata Roman.

Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu dalam mengatakan optimis pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan aman, lancar serta kondusif seperti perjalanan agenda politik-politik sebelumnya aman-aman saja dengan disemangati "Dalihan Natolu".

"Namun, yang lebih penting lagi seluruh Paslon yang mengikuti kontestasi termasuk seluruhbtim kampanye untuk tetap mematuhi protokol kesehatan upaya mencegah penyebaran COVID-19 yang belum tahu kaoan berakhir," tegasnya.

Bupati juga merespons positif KPU yang menyatakan tetap bersikap netralitas dalam mewujudkan Pilkada Tapsel yang berintegritas, demikian juga sepakat harapan Bawaslu yang menekankan semua pihak agar tetap menjaga etika dan estetika dalam setiap tahapan Pilkada.

Turut membubuhkan tandatangan dalam deklarasi kampanye damai ini kedua Paslon nomor urut "1" dan nomor "2" dan seluruh unsur Forkopimda yang hadir.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020