Seluruh personel Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 di enam Kodim di wilayah Kodam I/Bukit Barisan diharapkan bisa bekerja dengan lebih cerdas di tengah kondisi pandemi COVID-19.

"Personel Satgas diminta tidak hanya memfokuskan perhatian kepada pembangunan sarana infrastruktur di lokasi sasaran fisik, tetapi juga memberikan edukasi kepada warga terkait kondisi kekinian," ujar Kapendam I/Bukit Barisan Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, di Medan, Sabtu (26/9).

Ia menyebutkan, di sela-sela sasaran fisik, personel Satgas TMMD juga dapat memberikan pencerahan kepada warga yang bisa mendorong kesadaran secara kolektif (menyeluruh) untuk bergerak bersama dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: Kodim 0210 siagakan pos kesehatan layani personel TMMD hingga masyarakat umum

Edukasi tentang pentingnya menerapkan disiplin protokol kesehatan dan menjadikannya sebagai kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari sangat perlu untuk disosialisasikan kepada seluruh komponen warga masyarakat di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda negeri ini.

"Himbauan untuk memakai masker saat beraktivitas di luar, menjaga jarak aman minimal satu meter dengan orang lain, menghindari kerumunan, melakukan cuci tangan sesering mungkin dengan sabun pada air yang mengalir harus terus diberikan kepada masyarakat," ujarnya.

Djunaidhi mengatakan, sosialisasi bahaya COVID-19 penting disampaikan kepada masyarakat agar tidak diabaikan karena penyebaran COVID-19 ini tidak saja menyebabkan kemunduran perekonomian, karena ada pembatasan aktivitas sosial dan juga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa yang cukup banyak.

Baca juga: Kapendam I/BB: Satgas TMMD pelopor protokol kesehatan di desa

Sebelumnya, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah sangat mengapresiasi kerja cerdas yang dilakukan personel Satgas TMMD ke-109 di enam Kodim di jajaran Kodam I/BB yang tidak lengah untuk tetap mensosialisasikan bahaya COVID-19 kepada warga masyarakat di sekitarnya.

"Terus dorong tumbuhnya kreativitas masyarakat di lokasi sasaran fisik TMMD, sehingga warga akan termotivasi untuk mengangkat kualitas kehidupan mereka yang lebih baik, lebih maju dan lebih sejahtera, serta mampu mandiri," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020