Pemerintah Kabupaten Langkat menggelar kegiatan penataan kelembagaan perangkat daerah, yang dibuka Asisten II Ekbangsos Hermansyah yang diikuti para pimpinan pejabat pemerintah, di Stabat, Rabu (16/9).

Hermansyah berharap kegiatan ini, mendorong SKPD untuk segera  menyiapkan langkah dalam percepatan implementasi Permendagri Nomor 9 2019  tentang klarifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah, terhadap perencanaan pembangunan keuangan daerah yang berbasis elektronik. 

Baca juga: ASN Dinas Pendidikan Langkat meninggal terinfeksi COVID-19

"Sehingga mewujudkan birokrasi yang efektif dan efisien serta optimal melalui klarifikasi, kodefikasi, nomenklatur yang tepat,"ujarnya.

Asisten sangat menginginkan, peserta dapat melakukan evaluasi, guna membangun struktur yang benar-benar mampu melaksanakan fungsi kewenangan pemerintah yang diatur dalam perundang-undangan. 

Baca juga: Diskominfo-Disperindag Langkat jalin MOU aplikasi e-pasar

Kabag Orta Setdakab Langkat Tawar Malam Sembiring, pada laporan panitia, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai Permendagri Nomor 18 tahun 2016, tentang perangkat daerah. 

Permendagri Nomor 90 tahun  2019, tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah. 

Tujuannya, untuk menyediakan informasi secara berjenjang melalui penggolongan dan pemberian kode serta penamaan yang di gunakan oleh pemerintah daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan dan keuangan daerah secara sistematis.

Sehingga informasi tersebut, secara subtansi dapat di gunakan untuk membantu daerah dalam menyusun perencanaan dan pembangunan serta anggaran dan laporannya termasuk pula dalam menentukan kebijakan.

Jadi maksud kegiatan ini, agar dapat memahami arah kebijakan penataan kelembagaan perangkat daerah berdasarkan PP Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah.

Memberikan pemahaman kepada perangkat daerah tentang informasi secara berjenjang melalui penggolongan dan pemberian kode serta penamaan yang di gunakan dengan menyesuaikan tugas pokok dan fungsi serta program dan kegiatan yang akan di laksanakan

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020