Pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman dan pasangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi memakan waktu kurang lebih sembilan jam.

Berdasarkan pantauan ANTARA, kedua pasangan ini keluar dari ruangan pemeriksaan kesehatan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik pada Rabu  (9/9)sekitar pukul 17.00 WIB dari waktu tiba pukul 07.00 WIB.

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Bobby Afif Nasution bersama pasangannya, Aulia Rachman terlebih dahulu meninggalkan ruangan pemeriksaan. 

Baca juga: 100 orang tenaga kesehatan terlibat dalam tes kesehatan paslon Pilkada se-Sumut

Bobby mengaku tidak merasa lelah usai menjalani tes kesehatan meskipun dengan waktu yang lama.

"Karena rame-rame, ada paslon-paslon dari beberapa daerah, enggak kerasalah. Bisa kita ngobrol-ngobrol, tukar pikiran, lebih enak," kata Bobby yang didampingi Aulia Rachman.

Baca juga: Bakal paslon Pilkada 2020 se-Sumut mulai jalani tes kesehatan
 
Pasangan Akhyar Nasution (kiri) dan Salman Alfaris (kanan) usai menjalani pemeriksaan kesehatan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik, Rabu. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Menyusul pasangan Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi. Mereka mengaku tidak menemukan kendala pada saat pemeriksaan kesehatan tersebut.

"Alhamdulillah, telah menjalani tes pemeriksaan. Kalau laki-laki ada 18 item, perempuan ada 19 item. Semuanya kami jalani dari pagi sampai akhir tadi, dan semua pelayanan di Rumah Sakit Adam Malik ini baik, professional, cepat dan semua terlayani dengan baik," katanya.

Pemeriksaan kesehatan ini juga diikuti oleh seluruh pasangan calon kepala daerah se-Sumatera Utara. Pelaksanaannya digelar selama tiga hari mulai Rabu (9/9) hingga Jumat (11/9).

Pada hari pertama pemeriksaan, hanya diikuti oleh 110 pasangan dari 19 kabupaten/kota di Sumut. 
 
Hal itu dikarenakan beberapa daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon dan ada juga calon kepala daerah yang terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga harus menjalani isolasi di rumah sakit.
 
Adapun rangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan berupa pemeriksaan jasmani (USG, laboratorium, rontgen, mata, penyakit dalam, bedah, urologi, gigi dan mulut, orthopaedi, THT, jantung, neurologi, paru dan obgyn), pemeriksaan psikiatri serta pemeriksaan bebas narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020