Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyempatkan diri untuk menikmati alunan irama tetabuhan yang menyambut kehadirannya di lokasi pedagang UKM souvenir di tengah agenda kunjungan kerjanya di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Selasa (25/8).

Seperangkat tetabuhan dibunyikan oleh sejumlah 5 orang seniman lokal untuk menyambut kehadiran Menteri Teten dan rombongan.

Baca juga: Sri Mulyani dukung pemberian pulsa gratis Rp200 ribu untuk PNS

Selama lebih kurang 10 menit, Teten Masduki terlihat menikmati alunan tetabuhan yang khas disebut "gondang" dalam bahasa batak.

Seusai menikmati alunan "gondang", Menteri Teten mengunjungi sejumlah kios souvenir di sekitar jalan Haranggaol Parapat sembari bercengkerama dengan Koordinator pedagang UKM souvenir Danau Toba, Iyun Ambarita, bersama pedagang, dan perajin souvenir lainnya.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki (kanan) menerima cinderamata berupa pisau Halasan dari seorang perajin pisau tradisional batak di Parapat, Sumut. (ANTARA/Rinto Aritonang)
Iyun Ambarita yang berharap komunitasnya mampu menghadirkan buah tangan bagi wisatawan dengan harga murah dan terjangkau demi membangkitkan minat berbelanja oleh-oleh bagi setiap wisatawan, mendapatkan tanggapan positif dari Menteri Teten.

Baca juga: Sri Mulyani sebut pendapatan negara hingga Juli 2020 capai Rp922,2 triliun

"Itu tadi bagus, pendekatannya market, karena di sini kan banyak menengah ke bawah. Tentunya, souvenirnya, cafenya, restorannya bisa terjangkau oleh mereka," ujar Menteri Teten.

Dikatakan, untuk mewujudkan harapan tersebut, pendekatan soal bagaimana penyediaan produk, produksi, hingga pelatihannya akan betul-betul diperhatikan.

Teten Masduki juga mengungkapkan perihal pelaksanaan kunjungan kerjanya demi menyiapkan lima produk pariwisata sesuai perintah Presiden.

"Salah satunya homestay, kemudian sentra oleh-oleh, kuliner, dan lainnya. Bagaimana menghadirkan lima produk wisata tadi agar memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar dan dari segi kualitas bisa menarik pengunjung yang lebih banyak," terangnya.

Pada kesempatan itu, Lebanus Ambarita (80), seorang perajin pisau Halasan juga menyerahkan sebilah pisau Halasan yakni pisau tradisional batak buatan sendiri kepada Menteri Teten sebagai cinderamata dan apresiasinya atas kunjungan sang Menteri.

Sebelumnya, Menteri Teten dan rombongan tiba di Bandara Internasional Silangit Siborongborong, Tapanuli 
Utara sekira pukul 13.00 WIB.

Sebelum menyapa pedagang, Menteri Teten dan rombongan telah menyinggahi Rumah Makan Sinar Minang, di Jl Siborongborong-Parapat, Balige, untuk agenda makan siang.

Sesuai rencana, Menteri Teten juga akan menggelar kegiatan ngopi bareng dan diskusi dengan Komunitas Kreatif Medan dan Komunitas Kreatif Kota Siantar di
Cafe Kolam Renang Hotel Niagara pada 19.30 WIB-20.30 WIB.

Selanjutnya, Teten Masduki juga dijadwalkan akan membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM KUMKM sekaligus menyampaikan arahan sebelum bertolak kembali menuju Jakarta dari Bandara Internasional Silangit, esok hari.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020