TNI akan bersikap netral pada pelaksanaan pemilihan bupati/wakil bupati serentak yang dijadwalkan berlangsung pada 9 Desember mendatang. Dan hal itu sudah merupakan komitmen institutisu tersebut.

Penegasan itu disampaikan Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap SE MTr (Han) saat menyampaikan sambutan perkenalan dirinya pada acara pisah sambut yang digelar Pemkab Labura di aula Ahmad Dewi Syukur Aekkanopan, Kamis sore.

“Saya netral. Dan ini sudah menjadi komitmen kita,” ujar orang pertama di jajaran Kodim 0209/LB yang baru dilantik beberapa waktu lalu menggantikan Letkol Inf Santoso yang dipercara menduduki salah satu jabatan di Mabes TNI AD di Jakarta.

Baca juga: Bupati Labura minta KPU bekerja sesuai fungsinya

Baca juga: Banjir landa Labura, ratusan rumah terendam

Pernyataan itu disampaikannya menyikapi perbincangannya dengan bupati beberapa saat sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan saudara Dandim 0209/LB tersbut ada yang menjadi pengurus di salah satu partai politik yang telah memberikan dukungan kepada pasangan balon bupati/wakil bupati tertentu.

Pada bagian lain, suami dari Ely Novitasari tersebut mengaku, terkait Labura dirinya mengenal dua lokasi yaitu Guntingsaga dan Siamporik. “Saya dulu sering mendapat telepon dari saudara-saudara yang banyak bekerja sebagai sopir truk tentang Siamporik dan Guntingsaga,” katanya.

Pria yang bertugas di beberapa Kodam sejak meniti karir di TNI tersebut juga berharap dukungan Pemkab Labura agar dapat melaksanakan tugas dengan baik di daerah tersebut.

“Saya sudah mendengar bagaimana kepedulian Pak Bupati terhadap TNI di Labura. Mudah-mudahan hal ini dapat terus terjalin walau Pak bupati hanya tinggal beberapa bulan lagi. Sedangkan siapa penggantinya kita belum tahu,” sebutnya.

Sebelumnya Letkol Inf Santoso juga menyampaikan kesannya selama bertugas di Labuhanbatu Raya. Khusus Labura, ia memiliki kenangan yang tak terlupakan. “Pada malam tahun baru lalu, kami bertugas di Siria-ria Desa Pematang yang terkena banjir bandang. Padahal saat seperti itu, kita berharap dapat bersama keluarga,” kenangnya seraya menambahkan, berkat kerjasama dengan Pemkab, pekerjaan tersebut dapat dinikmati.

Selain itu, perjalanan di seputar wilayah Labura juga memberikan keasikan dan kenangan tersendiri, seperti ngetrail menjelajahi alam di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut. “Banyak kenangan yang jika disampaikan, mungkin hingga matahari terbenam tidak akan habis,” ujar pria yang bertugas lebih kurang dua tahun di Labuhanbatu Raya itu.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020