BMKG Geofisika Deli Serdang telah memasang sebelas Warning Receiver Sytem New Generation di wilayah sejumlah wilayah di Sumatera Utara. 

"Warning Receiver System New Generation atau disingkat WRS New Gen merupakan peralatan penerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami berupa Smart Display kata Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang. Teguh Rahayu yamg dihubungi dari Medan, Senin.

 Teguh Rahayu yang biasa disapa dengan Ayyu itu juga menjelaskan WRS New Gen diharapkan dapat membantu para pemangku kepentingan menerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami secara cepat.

Baca juga: 23 gempa terjadi di Sumatera bagian utara selama pekan ketiga Juli 2020

Pemasangan WRS New Gen di Sumatera Utara disesuaikan dengan kondisi tektonik wilayah Sumatera Utara yang berada di patahan Sumatera (Sumatera Fault Zone). 

Dari aktivitas gempa bumi yang terjadi dalam kurun waktu dua tahun terakhir, terjadi peningkatan kegempaan di wilayah Sumatera Utara, yang sangat dipengaruhi oleh patahan Sumatera dan segmen lokal seperti patahan Renun, Toru dan Angkola. 

Baca juga: BMKG Deliserdang survei pemasangan Accelograph di Karo

Pemasangan WRS New Gen merupakan percepatan informasi gempa bumi dan tsunami secara real time dan merupakan terobosan baru dari BMKG. 

Sebelas WRS New Gen yang terpasang  dan beroperasi dengan baik di wilayah di Sumatera Utara. yaitu, Kantor Bupati Dairi, Kantor Bupati Humbang Hasundutan, Kantor Bupati Karo, Kantor Bupati Labuhan Batu.

Kemudian di Kantor Bupati Padang Lawas, Kantor Bupati Pakpak Barat, Kantor Bupati Samosir, Kantor Bupati Tapanuli Selatan, Kantor Bupati Tapanuli Utara dan Kantor BPBD Asahan.

"Peralatan WRS New Gen ini menyajikan informasi dalam kurun waktu kurang dari tiga menit setelah terjadi gempa bumi dan diharapkan akan memudahkan dalam respon cepat untuk memberikan informasi dini kepada stakeholder," katanya.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020