Tim Stasiun Geofisika Deli Serdang melakukan audensi ke Kantor Bupati Padang Lawas (Palas) terkait pemasangan Smart Display Warning Receiver System New Generion (WRS New Gen), Selasa (7/7).

Demikian Kepala Stasiun Geofisika Teguh Rahayu (Ayyu) kepada ANTARA, Selasa, yang mengatakan dalam audiensi disambut Sekda Palas Aroan Nasution beserta jajarannya.

Di situ Ayyu menjelaskan bahwa WRS New Gen yang akan dipasang dalam waktu dekat (alat dalam perjalanan) di lobby kantor bupati setempat berguna untuk memberikan informasi dini gempa bumi dan tsunami.

Ayyu juga menyampaikan kondisi tektonik Padang Lawas dipengaruhi oleh aktivitas patahan Angkola, seperti kejadian gempa bumi 30 April 2020 yang berpusat di Padang Lawas.

"Yang pada saat kejadian gempa bumi itu cukup dirasakan oleh masyarakat sekitar dan bahkan sampai menimbulkan kerusakan bangunan di Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan," jelasnya.

Oleh karenanya, dengan terpasangnya nanti  Smart Display WRS New Gen oleh BMKG Geofisika Deli Serdang ini diharapkan bisa membantu stakeholder di Padang Lawas untuk dapat mengambil langkah lebih jauh.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020